Tanpa Kamu Sadari Tiga Hal Ini Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung Tanda-tanda penyakit jantung beragam (Foto: Pixabay/Pexels)

GAYA hidup yang enggak sehat membuat kamu rentan terkena berbagai macam penyakit. Termasuk penyakit jantung. Gaya hidup enggak sehat contohnya terlalu banyak mengonsumsi junkfood. Terlalu larut tidur malam juga salah satu gaya hidup yang enggak sehat.

Namun, penyebab penyakit jantung sangat beragam. Ada beberapa hal yang bisa menandakan kamu berisiko terkena penyakit jantung. Bahkan enggak menutup kemungkinan kamu bisa terkena serangan jantung mendadak. Waspadalah jika kamu mengalami hal ini.

1. kulit bersisik

Orang yang memiliki kulit bersisik juga memiliki masalah kolestrol (Foto: Pexels/Ximena Mora)

Psoriasis merupakan penyakit kulit. Kulit kamu akan bersisik jika mengidap penyakit ini. Rupanya kulit kamu yang bersisik merupakan tanda penyakit serius. Kamu berisiko terkena serangan jantung.

"Prosiasis juga dapat merusak arteri, yang mengarah pada peningkatan risiko serangan jantung dan stroke," kata Dr. Gohara, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine. Penderita penyakit ini juga cenderung memiliki masalah kolesterol tinggi, obesitas, dan diabetes.

2. Nyeri atau sakit pada bahu

Penderita penyakit jantung cenderung mengalami masalah sendi bahu (Foto: Pexels/Pixabay)

Hati-hati jika kamu merasakan sakit pada bahu. Kaitannya bisa ke penyakit jantung meskipun enggak langsung. Menurut Journal of Occupational and Environmental Medicine orang yang memiliki penyakit jantung cenderung memiliki masalah pada bahu.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan 36 orang peserta. Mereka juga memiliki masalah kolestrol tinggi, darah tinggi, dan diabetes. Hampir dari peserta tersebut juga mengalami masalah sendi bahu. Namun, perlu ada studi lebih lanjut dalam penelitian itu. Karena jumlah peserta yang terlibat terlalu sedikit.

3. Kamu hidup di lingkungan berisik

Bukan cuma telinga kamu yang bermasalah, tapi jantung kamu (Foto: Pexels/Anthony)

Kamu hidup di lingkungan yang berisik? Kamu harus waspada. Karena bukan telinga kamu yang akan mendapatkan dampaknya. Melainkan kesehatan jantung kamu juga. Para peneliti menemukan bahwa orang yang sering terpapar kebisingan memiliki risiko gagal jantung lebih tinggi.

Irama jantung mereka juga enggak teratur. Tekanan darah, kadar kolestrol, dan kadar gula darah mereka tinggi. Para peneliti juga mengatakan bahwa kebisingan menyebabkan lonjakan hormon stres. Peningkatan hormon tersebut bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Sahabat Merah Putih, jaga terus ya kesehatan jantung kamu. (ikh)

Baca juga: Gangguan Irama Jantung, Pertanda Penyakit Stroke

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo