Teknologi

Tank Kepiting, Tank Anyar dengan Teknologi Terbaru

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 26 Juni 2019
Tank Kepiting, Tank Anyar dengan Teknologi Terbaru
Tank ringan Scarabee yang dibuat oleh Arquus. (Foto: dailymail/Arquus)

ARQUUS perusahaan yang berada di bawah bendera Volvo tengah mengembangkan peralatan militer sangat inovatif. Kendaraan milter berlapis baja ini memiliki keunggulan dapat berjalan ke samping seperti kepiting.

Menurut Popular Science yang dilansir oleh dailymail, tank ini dinamakan Scarabee yang berarti kumbang memiliki berat sekitar 6,6 ton dengan tinggi dua meter, lebar 4,6 meter dan dilengkapi 4 roda penggerak. Jadi masing-masing rodanya dapat bergerak sendiri-sendiri. Kabarnya kendaraan ini akan sudah siap memasuki masa dinas milter Prancis di tahun 2025.

tank
Tank Scarabee yang dapat berjalan miring seperti kepiting. (Foto: dailymail/Arquus)

Tank ringan ini memiliki dua mesin di bagian belakang, mesin diesel dan listrik. Kendaraan ini dapat berlari hingga kecepatan 120 km/jam. Keunggulan tank ini dapat berjalan menyamping dengan terlebih dahulu pengemudinya memutar kemudi ke arah yang sama.

Salah satu fungsi bergerak ke samping adalah untuk mendekati musuh bukan dari belakang atau frontal dan menghindari ranjau. Tank ini juga dapat bergerak pada sudut jalan yang sempit karena kemampuan bergerak menyamping ini.

tank
Karena bobotnya yang ringan, Scarabee dapat didrop dari pesawat tanpa parasut. (Foto: dailymail/Arquus)

Dari semua keunggulan itu menurut CEO Arquus, Emmanuel Lavacher, kendaraan ini masih perlu pengembangan dalam kecepatan. Sebab dengan kecepatan tinggi tank ini dapat menghindar dari sergapan musuh.

Ini merupakan konsekuensi yang harus diterima Scarabee yang memiliki proteksi baja yang lebih tipis agar tidak membebani tanknya sendiri. Di samping itu baja yang tebal dapat membuat badan tank menjadi lebih lebar. Karena ringan dan kecil, tank ini dapat didrop dari pesawat tanpa parasut. Konon tank ini bisa dikendalikan dari jarak jauh. (psr)

Tonton videonya;

#Militer #Operasi Militer
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan