Tangkis Uban dengan 4 Bahan Mujarab Ini! Lemon dapat menghilangkan uban di kepala. (Foto: Pixabay/jackmac34)

MENGESALKAN jika di kepala mulai muncul uban. Mungkin biasa bagi mereka yang berusia senja. Tapi buat kamu yang masih muda, munculnya uban bisa jadi dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Celakanya kamu dianggap lebih tua dari usia sebenarnya.

Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang dapat membuat uban tumbuh meskipun kamu berusia di bawah 30 tahun. Laman Go-Dok membuka rahasianya:

1. Stres yang mengakibatkan pigmen melanin sulit untuk diproduksi secara maksimal

2. Faktor genetikatau keturunan

3. Kekurangan B12

4. Kebiasaan merokok yang menghambat produksi pigmen rambut

6. Penggunaan sampo yang selalu berganti-ganti, pewarna rambut atau perawatan rambut yang tak pernah tuntas.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya? Berikut beberapa bahan mujarab yang dapat dicoba untuk menjaga kilau hitamnya rambut :


Minyak Kelapa+Lemon

lemon
Lemon dicampur minyak kelapa mengembalikan warna hitam. (Foto: nelive)


Jarang yang mengetahui bahwa kombinasi vitamin C yang tinggi pada lemon dengan mineral pada minyak kelapa sangat ampuh untuk mengembalikan warna hitam rambut. Cara penggunaannya, kamu cukup mencampurkan perasan air lemon dan minyak kelapa. Setelah itu, balurkan pada rambut sambil dipijat ringan. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.


Minyak Kemiri

kemiri
Kemiri menghalau uban. (Foto: ayushology)


Ini dikarenakan kandungan mineral esens-nya terbukti mampu meningkatkan produksi pigmen melanin rambut. Tertarik? kamu cukup menyiapkan kemiri secukupnya untuk kemudian disangrai hingga kering. Setelah itu, haluskan kemiri sampai menghasilkan minyak. Nah, minyak inilah yang dapat dioleskan ke kulit kepala demi hilangnya helaian uban.


Biji Pepaya

biji pepaya
Biji pepaya memberikan penawar untuk uban. (Foto: naturespride)


Siapa sangka bahwa biji pepaya yang seringnya dibuang ternyata merupakan solusi jitu dari masalah uban. Mudah saja cara penggunaannya. Cuci bersih biji dari pepaya yang telah masak. Setelah itu, sangrai biji pepaya, kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga rata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, balurkan campuran tadi ke kulit kepala secara teratur selama 1-2 jam.


Vitamin B12 dan Omega 3

vitamin omega
Ikan sumber Omega 3. (Foto: Aleppo Food)


Kekurangan vitamin B12 dan nutrisi dari Omega 3 dapat mengakibatkan rambut kamu cepat memutih. Solusinya, yuk jaga asupan vitamin dan omega-3. Dua zat itu dapat diperoleh dengan mengonsumsi pisang, telur, keju, ikan, daging unggas, daging domba dan daging sapi.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan di atas, kamu juga dapat mencoba langkah tradisional yang telah dipraktikkan oleh suku Indian semenjak ribuan tahun lalu untuk mencegah uban, yaitu dengan mengusapkan kuku ke rambut. Meskipun terdengar tidak lazim, namun kebiasaan ini terbukti secara medis mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, lho!

Caranya, letakkan kedua tangan di kepala, lalu lipat jari-jarinya ke arah dalam hingga kuku menyentuh bagian telapak. Jika dilakukan secara rutin, kebiasaan tadi dapat menguatkan akar rambut sekaligus mempertahankan warna hitamnya. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH