Selebritas

Tanggapi Wawancara Meghan Markle, Pangeran William: Kami Tidak Rasis

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 13 Maret 2021
Tanggapi Wawancara Meghan Markle, Pangeran William: Kami Tidak Rasis
Pangeran William belum bicara dengan sang adik terkait wawancara ini. (Foto: Instagram/@kensingtonroyal)

KISAH keluarga kerajaan Inggris berlanjut. Pangeran William akhirnya buka suara terkait wawancara Meghan dan Harry bersama Oprah. Ia mengungkapkan kerajaan Inggris tidak bersikap rasis kepada Meghan.

Mantan aktris AS itu menyebut hal tersebut dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, Minggu (7/3). Ia mengatakan masalah terbesar kerajaan Inggris dimulai sejak kematian Putri Diana. Mengutip Reuters, saat berkunjung ke sekolah di London timur, William mengatakan ia belum berbincang dengan Harry sejak wawancara itu ditayangkan beberapa hari lalu. "Tapi nanti saya pasti bicara kepadanya," tutur William.

Ketika ditanya oleh seorang reporter apakah keluarga kerajaan rasis, William menolak pernyataan tersebut. "Kami bukan keluarga yang rasis," ujarnya.

Baca juga:

Tayang Bulan Depan, Harry dan Meghan akan Diwawancara Oprah Winfrey


Selama hampir tiga tahun setelah pernikahan Harry dan Meghan, ia mengatakan kerajaan tidak membantunya ketika ia merasa terasing hingga ingin bunuh diri. Sementara Harry mengatakan ayahnya, Pangeran Charles, membuatnya kecewa dan ia merasa terjebak di dalam kerajaan.

Istana Buckingham pun mengeluarkan pernyataan atas nama Ratu Elizabeth, nenek Harry, Selasa (9/3). "Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan," tulis pernyataan tersebut.

Meghan dan Harry mengklaim seorang anggota kerajaan melontarkan komentar rasis telah mendominasi pemberitaan dan berpotensi merusak citra monarki yang sudah berusia 1.000 tahun.

Baca juga:

Wawancara Meghan Markle dengan Oprah Tuai Kontroversi

Pangeran William dan Harry. (Foto: Instagram/@kensingtonroyal)

Meghan yang lahir dari keluarga birasial mengungkapkan ketika ia mengandung Archie, banyak orang-orang khawatir atas Pangeran Harry tentang warna kulit bayi mereka. Namun, keduanya diam tentang siapa yang mengatakan hal tersebut. Meski kemudian, Oprah mengklarifikasi bahwa ucapan itu tidak keluar dari Ratu Elizabeth maupun Pangeran Philip yang kini sudah berada di rumah sakit.

Dalam pernyataan atas nama ratu, istana mengatakan masalah ras sangat memprihatinkan dan akan diselidiki secara serius. Istana menganggap ini adalah masalah keluarga yang harusnya ditangani secara tertutup.

Wawancara yang ditonton oleh 12,4 juta penonton di Inggris dan 17,1 juta di AS ini terbukti memecah belah pendapat publik Inggris. Sebagian meyakini betapa kuno dan tidak tolerannya istana. Sementara yang lain mencela wawancara Harry dan Meghan sebagai serangan yang mementingkan diri sendiri. (and)

Baca juga:

Jelang Wawancara dengan Oprah, Meghan: Saya Siap Bicara

#Selebritas #Pangeran Harry #Kate Middleton #Pasangan Selebritas #Meghan Markle
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan