Tanggapan Wali Kota Solo soal Wacana ASN Kerja di Rumah Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Kamis (15/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menyetuju wacana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) kerja di rumah. Namun, Rudy sapaan akrabnya mengusulkan agar kebijakan itu dimulai lima tahun ke depan.

"Wacana Pak Tjahjo Kumolo itu baik, tetapi masih terlalu cepat jika dilaksanakan tahun ini. Lebih cocok dimulai lima tahun ke depaan," ujar Rudy pada MerahPutih.com, Kamis (15/8).

Baca Juga: Anies Siap Terapkan Aturan ASN DKI Jakarta Kerja dari Rumah

Mantan tandem Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo ini menegaskan ASN bekerja di rumah sah-sah saja. Apalagi wacana itu akan membuat Pemkot Solo hemat Bahan Bakar Minyak (BBM), hemat waktu, biaya pemeliharaan kantor, dan kebutuhan perkantoran lainnya.

"ASN kerja di rumah setidaknya membantu mengurangi kemacetan yang tengah menghantui kota-kota besar di Indonesia. Saya sarankan sistemnya harus benar-benar dibuat sedimikian bagus," kata dia.

PNS
Ilustrasi ASN. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Politisi PDIP ini mengingatkan pada Mendagri agar tidak gegabah buat aturan baru itu. Ia khawatir kalau sistemnya kurang bagus akan menghasilkan output yang kurang baik.

Baca Juga: KemenPAN-RB Ingin Sistem Kerja ASN Seperti Startup, Bisa Kerja dari Rumah

"Untuk mempersiapkan itu semua butuh waktu, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sarana dan prasarana harus dilengkapi. Makanya saya bilang bukan sekarang," papar Rudy.

Satu hal yang penting dari kebijakan itu, kata Rudy, harus memperhatikan dampak positif dan negatifnya. Dampak negatif ASN sudah jarang bertemu dengan orang yang dilayani. Semuanya sudah melalui daring.

"Kemendagri lebih dulu melakukan FS (Feasibility Study) untuk mengetahui sejauh mana dampak kebijakan itu. Kalau sistem belum siap bisa terjadi overload masalah," kata dia.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga artikel menarik lainnya: Masuk Era 4.0, PNS DKI Jakarta Siap Kerja dari Rumah



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH