Tanggapan Dedi Mulyadi soal Nyi Ratu Kidul Bawa Bendera

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 19 Agustus 2016
Tanggapan Dedi Mulyadi soal Nyi Ratu Kidul Bawa Bendera
Sosok Nyi Ratu Kidul di Kabupaten Purwakarta. (Foto: Facebook/Kang Dedi Mulyadi)

MerahPutih Nasional - Kabupaten Purwakarta menjadi sorotan setelah sosok Nyi Ratu Kidul bertugas membawa bendera merah putih. Sosok Nyi Roro Kidul itu muncul sehari sebelum Hari Kemerdekaan.

Terutama di media sosial, sosok Nyi Ratu Kidul membawa bendera ini menjadi bahan perbincangan netizen. Bahkan, sebagian menganggap bahwa Bupati Dedi Mulyadi musyrik dan klenik.

Bupati Dedi Mulyadi menanggapi reaksi itu dengan santai. Saat netizen ramai-ramai menuduhnya macam-macam, ia malah meng-up load foto sosok Nyi Ratu Kidul tersebut. "Ayo siapa yang masih marah-marah nuduh musyrik dan klenik? Coba lihat wajah Nyi Ratu Kidul ini, mau gak sama dia? Masih gadis loh!!!" kata Bupati Dedi dalam akun Facebook-nya.

Dalam foto itu memang sosok Nyi Ratu Kidul yang diperankan Cinta Rizkiya terlihat sangat cantik dengan balutan baju tradisional serba hijau. Ia dipotret saat sedang menari dengan senyuman tersebar di wajahnya. Dalam sebuah wawancara dengan wartawan, Bupati Dedi mengatakan bahwa Nyi Ratu Kidul hanya sebuah sosok ibu penjaga. Sosok itu juga menjadi simbol penjaga laut.

Begitu pun dengan patung harimau putih yang sempat menjadi kontroversi, Bupati Dedi mengatakan bahwa patung itu merupakan simbol penjaga hutan. Simbol itu memberikan pelajaran agar manusia tidak merusak alam. Soal demikian, Bupati Dedi menolak bahwa hal tersebut dianggap sebagai hal mistis.


 Bupati Dedi Mulyadi saat upacara bendera Hari Kemerdekaan k-71 (Foto: Facebook/Kang Dedi Mulyadi)

Keberadaan Nyi Ratu Kidul membawa bendera merah putih terjadi sebelum diberikan kepada Bupati Dedi dan diteruskan kepada paskibraka. Penyerahan bendera itu untuk kemudian dikibarkan pada Hari Kemerdekaan, 17 Agustus. Tugas Nyi Ratu Kidul cukup sampai di sana. Ada keterkaitan simbol merah putih dengan Nyi Ratu Kidul sebagai sosok ibu penjaga.

Bupati Dedi Mulyadi mengatakan bahwa tidak ada Nyi Roro Kidul dalam prosesi pengibaran bendera merah putih pada tangga 17 Agustus.

"Jangan gagal faham lagi, mari perhatikan ada gak sosok 'Nyi Ratu' dalam pengibaran bendera di Purwakarta?" tanya Bupati Purwakarta dengan menggunggah beberapa foto pengibaran bendera merah putih saat Hari Kemerdekaan.

BACA JUGA:

  1. Upacara Bendera di Kali Anyar Jadi Destinasi Wisata Dadakan
  2. Jaga Kebersihan, Warga Solo Upacara Bendera di Sungai
  3. Senyum Bahagia Gloria Hamel di Upacara Penurunan Bendera Pusaka
  4. Sambut Hut RI Ke-71, Gedung Naskah Linggarjati Hadirkan 10.001 Bendera
  5. Mengenal Ki Jaga Rasa Kereta Kencana Pembawa Bendera Pusaka
#Kabupaten Purwakarta #Dedi Mulyadi #Nyi Ratu Kidul
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan