Tanggal Rilis, Spesifikasi Hardware, dan Daftar Game untuk Konsol Playstation 5 Playstation 5 akan hadir dengan spesifikasi tinggi dan game-game menarik (foto: dailystar.co.uk)

SUDAH lebih enam tahun berlalu sejak konsol game Playstation 4 dipasarkan oleh Sony Interactive Entertainment. Nampaknya konsol terakhir dari merek dagang tersebut masih menjadi favorit banyak orang.

Serasa belum habis kepuasan yang penggemar dapatkan dari Playstation 4. Menurut ‘orang dalam’ Sony Interactive Entertainment generasi teranyar untuk konsol game paling terkenal itu sedang dikembangkan.

Pertanda itu semakin jelas, sebagaimana akhir tahun lalu bos besar Sony Corp. Kenichiro Yoshida mengatakan, “Untuk saat ini, apa yang bisa saya katakan adalah perlu untuk memiliki hardware generasi berikutnya.”

Playstation 5 kabarnya sudah ada, namun masih dalam tahap pengembangan. Belum banyak informasi pasti dari Sony untuk konsol game terbaru itu, tapi dikatakan pengembangan untuk konsol tengah dipercepat.

Para pengembang game rumornya juga tengah mengerjakan game pertama yang direncanakan rilis bersamaan dengan konsol Playstation 5.

Pertanyaan besar yang mungkin dipertanyakan oleh para penggemar adalah kapan konsol Playstation 5 akan dirilis? Sejauh ini, berikut beberapa hal yang kita ketahui tentang konsol game teranyar Sony Interactive Entertainment tersebut.

1. Tahun rilis yang masih tanda tanya

Tanggal Rilis Playstation 5
Penggemar konsol Playstation tidak sabar menunggu rilis konsol teranyar Sony (foto: express.co.uk)

Belum ada kabar pasti dari Sony kapan para penggemar dapat melihat atau membeli konsol Playstation 5. Namun seperti yang telah dikatakan CEO Sony Interactive bulan Mei tahun lalu, Playstation 5 nampaknya belum akan rilis hingga tahun 2021.

Itu berbanding terbalik dengan pernyataan bos Sony Corp diatas, dan melihat berkurangnya tingkat penjualan untuk konsol game Sony, bisa jadi Playstation 5 akan rilis sebelum 2021.

Penggemar Playstation nampaknya harus menunggu untuk mendapatkan jawaban pasti, sebagaimana Sony memutuskan untuk tidak menampilkan PlayStation 5 di Electronic Entertainment Expo 2019.

Ada kemungkinan pengumuman tanggal rilis resmi dan informasi lebih lanjut untuk Playstation 5 akan dikeluarkan pada event Sony PSX yang rencananya akan berlangsung musim panas tahun ini.

2. Spesifikasi powerful

Spesifikasi Hardware Playstation 5
Spesifikasi apik menghasilkan pengalaman main game 4K (foto: wccftech.com)

Banyak yang mengharapkan bahwa pengalaman bermain game dalam resolusi 4K menjadi kualifikasi dasar untuk Playstation 5. Playstation 4 Pro telah memberikan pengalaman bermain game dengan resolusi serupa.

Tidak menutup kemungkinan Playstation 5 akan mengikuti jejak pendahulunya. Tentunya dengan memanfaatkan komponen PC untuk meningkatkan performa konsol seperti yang dilakukan pada konsol game terakhir Sony.

Banyak pakar game yang memprediksi bahwa konsol Playstation 5 akan menggunakan RAM 8 hingga 12GB, dengan peningkatan performa pada prosesor menggunakan satu yang paling canggih saat ini.

3. Game yang akan rilis bersama Playstation 5

Game Playstation 5
Cyberpunk 2077 digadang-gadang akan masuk dalam daftar game Playstation 5 (foto: spieltimes.com)

Pihak Sony maupun pengembang video game belum resmi mengungkap game yang akan hadir bersamaan dengan rilisnya Playstation 5. Tapi CD Projekt Red mengatakan bahwa game berjudul Cyberpunk 2077 bisa jadi rilis dalam format Playstation 5. Meskipun saat ini game tersebut tengah dikembangkan untuk konsol Playstation 4 Pro.

Dengan rumor yang menyatakan bahwa development kit yang mendukung konsol Playstation terbaru sudah ada saat ini, ada kemungkinan game seperti The Last of Us 2 akan dirilis konsol game terakhir Sony saat ini termasuk di Playstation 5. (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH