Tangerang Alami Krisis Identitas Ikon Seni dan Budaya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 November 2016
Tangerang Alami Krisis Identitas Ikon Seni dan Budaya
Logo Kab. Tangerang (Foto: Kab. Tangerang.go.id)

MerahPutih Budaya—Lepasnya Kabupaten Tangerang dari Jawa Barat dan menjadi bagian dari Provinsi Banten, serta terjadinya pemekaran wilayah menjadi tiga daerah tingkat II, secara adminisratif Tangerang mengalami krisis identitas ikon seni dan budaya.

Sejauh ini, seni budaya yang berkembang di wilayah Tangerang berasal dari beberapa kultur masyarakat yang berbeda, Tionghoa, Sunda, Jawa, Melayu, serta Betawi, dan sudah berkembang mapan sejak masih bergabung di provinsi Jawa Barat. Bahkan sejak sebelum kemerdekaan.

“Kalau kita bicara budaya Tangerang, ini memang ada pengaruh dari beberapa kultur, seperti Sunda, Tionghoa, Jawa, Melayu, dan Betawi. Untuk itu, saat ini kita sedang menata dan menginventarisir seni dan budaya apa saja yang dimiliki oleh Kabupaten Tangerang,” ujar Kabid Kebudayaan pada Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Priwisata (Disporbudpar) kabupaten Tangerang Muhamad Syafei kepada merahputih.com.

Pria yang akrab dipanggil Uuk ini juga mengaku, untuk mencari identitas yang bisa dijadikan sebagai ikon khas kabupaten Tangerang, pihaknya menggali potensi yang ada memalui ajang lomba atau kompetisi. “Karena secara administratif, seni dan budaya yang ada di kabupaten Tangerang ini tidak bisa diklaim sebagai milik kabupaten Tangerang. Seperti cokek, kita tidak bisa mengklaim itu punya kita, atau wayang golek. Kita hanya mempunyai kewajiban untuk tetap melestarikan saja,” paparnya.

Salah satu ikon kabupaten Tangerang yang sudah mulai terbangun adalah seni tari kreasi cukin. Tari cukin adalah tari kreasi modern yang berakar dari seni tari tradisonal cokek. “Meskipun ini tari kreasi modern, tapi nuansa yang ditampilkan tetap tradisional termasuk musik pengiringnya,” katanya.

Selain tari cukin, ikon kabupaten Tangerang yang saat ini sedang diajukan ke lembaga hak dan kekayaan intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah batik khas kabupaten Tangerang. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Klenteng Boen Tek Bio dan Masjid Jami Kali Pasir Simbol Rukun Kota Tangerang
  2. Menengok Sejarah Cina Benteng di Tangerang
  3. Pintu Air Sepuluh “Sangego” Sumber Kehidupan Masyarakat Tangerang
  4. Tari Cukin Kreasi Empat Budaya di Tangerang
  5. Pemkab Tangerang Usulkan Raperda Pengelolaan Cagar Budaya
# Kabupaten Tangerang #Budaya Nusantara #Budaya Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan