Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan? Ini Solusinya! Rajin cuci tangan dapat mencegah penularan virus Corona. (Foto: Orange Blue Cosmetics)

ANJURAN untuk rajin mencuci tangan sering digaungkan sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merebak. Tanpa disadari, sering mencuci tangan akan membuat kulit tangan menjadi kering, kulit terkelupas, bahkan bisa menyebabkan iritasi. Biasanya, masalah tersebut terjadi di punggung tangan dan sela-sela jari, karena kulit di area ini lebih tipis daripada kulit di telapak tangan.

Mengatasi hal tersebut, bukan berarti kamu lalai cuci tangan, ya. Melansir dari laman Alodokter, berikut tips agar kulit tanganmu tetap sehat walaupun sering mencuci tangan.

Baca juga:

Pentingnya Cuci Tangan, Liam Gallagher Ubah Lirik Tiga Lagu Oasis

Pilih sabun yang tepat

Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan? Ini Solusinya!
Sebaiknya menggunakan sabun cair. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih sabun cuci tangan. Pilihlah sabun yang dapat memberikan kelembapan pada kulit, misalnya yang mengandung gliserin dan lanolin. Selain itu, sebaiknya kamu menggunakan sabun cair yang memiliki pH lebih rendah daripada sabun batang.

Jangan gunakan air panas

Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan? Ini Solusinya!
Hindari menggunakan air panas atau hangat. (Foto: Pixabay/ivabalk)

Saat mencuci tangan, sebaiknya menggunakan air biasa saja. Sebab, air hangat atau air panas lebih muda menghilangkan minyak alami di kulit tangan.

Padahal, minyak tersebut berfungsi untuk mnjaga air di lapisan kulit agar tetap lembab. Semakin panas air juga semakin besar kemungkinan tanganmu mengalami iritasi.

Baca juga:

Selain Virus Corona, Cuci Tangan Melindungimu Dari Batuk dan Pilek

Keringkan tangan dengan benar

Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan? Ini Solusinya!
Tepuk-tepukan tangan ke handuk. (Foto: Pixabay/analogicius)

Setelah mencuci tangan, keringkan tangan dengan benar. Hindari menggosokkan ke kain, handuk, atau tisu ke kulit tangan. Cukup tepuk-tepuk dengan lembut ke tangan agar kulit tangan tidak lecet atau perih, apalagi jika kulitmu sensitif dan mudah terluka.

Keringkan tangan dengan kain lap, handuk, atau tisu yang kering dan basah. Tidak dianjurkan untuk menggunakan pengering tangan. Selain tidak higienis, embusan udara panas dari alat tersebut dapat membuat tangan terlau kering, kasar, dan iritasi.

Gunakan pelembap

Tangan Kering karena Sering Cuci Tangan? Ini Solusinya!
Jangan asal pilih pelembap. (Foto: Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Agar kulitmu tetap lembap dan sehat, oleskan krim atau salep pelembap kulit yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulitmu. Pilihlah pelembap yang mengandung oklusif, yakni bahan yang dapat mencegah hilangnya air dari kulit, contohnya petrolatum atau petroleum jelly.

Selain itu, pilih juga pelembap yang mengandung emolien, yakni bahan yang bisa melembutkan dan menenangkan kulit, contohnya isopropil miristat dan oktil okanoat.

Cuci tangan memang sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi di tengah wabah virus Corona. Namun, sering mencuci tangan lama-kelamaan bisa membuat kulit tangan jadi kering dan iritasi.

Oleh karena itu, rajin mencuci tangan juga harus disertai perawatan kulit tangan yang baik. Apalagi kulit yang sehat juga merupakan benteng yang baik terhadap serangan kuman penyakit, lho! (And)

Baca juga:

Tangan Bersih Malah Bisa Terpapar Virus Corona?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH