Tandai Pemakaman Ratu Elizabeth II, Lonceng Gereja di Westminster Abbey Berbunyi Tiap Menit

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 19 September 2022
Tandai Pemakaman Ratu Elizabeth II, Lonceng Gereja di Westminster Abbey Berbunyi Tiap Menit
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. (Foto: Tangkapan layar)

MerahPutih.com - Ratu Elizabeth II akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip, di kapel Raja George VI yang berlokasi di dalam Kapel St George.

Rangkaian acara pemakaman kenegaraan akan diawali dengan ibadah di Westminster Abbey yang dihadiri ribuan orang.

Baca Juga:

George dan Charlotte Ikut dalam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Acara kemudian berakhir dengan ibadah di Kastil Windsor yang dihadiri lingkaran dalam Keluarga Kerajaan Inggris.

Prosesi dimulai di Westminster Abbey pada Senin (19/9) sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Setelah pada pukul 06.30, istana menutup kunjungan masyarakat umum untuk melihat peti jenazah ratu.

Lonceng gereja yang ada di Westminster Abbey, yang menjadi lokasi seremoni pemakaman, berbunyi setiap menit untuk menandai 96 tahun usia mendiang Ratu Inggris.

Berikut detik detik pemakaman Ratu Inggris Raya ini dilansir BBC.

06.30

Berakhirnya empat hari persemayaman di Westminster Hall yang berada di jantung Kota London.

08.00

Pintu Westminster Abbey akan dibuka bagi para tamu undangan untuk menghadiri ibadah pemakaman yang dimulai pukul 11.00 waktu setempat.

Sejumlah kepala negara dari berbagai belahan dunia telah tiba di London untuk menghadiri ibadah tersebut sekaligus mengenang kehidupan dan jasa-jasa sang Ratu. Para politisi senior dan mantan perdana menteri Inggris juga akan hadir.

Para anggota keluarga kerajaan dari beragam negara di Eropa, yang sebagian punya pertalian darah dengan Ratu Elizabeth II, akan hadir. Mulai dari Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, sampai Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol.

10.44

Upacara dimulai dengan pengangkatan peti jenazah Ratu Elizabeth II dari catafalque—tempat persemayamannya sejak Rabu (14/09) sore. Peti kemudian dibawa ke Westminster Abbey untuk ibadah pemakaman.

Peti jenazah akan dibawa menggunakan Kereta Meriam Kerajaan yang ditarik 142 kelasi. Kereta itu terakhir kali dilihat pada 1979 untuk pemakaman paman Pangeran Philip, Lord Mountbatten, dan pernah juga digunakan untuk pemakaman ayahanda sang Ratu, George VI pada 1952.

11.00

Ibadah pemakaman Ratu di Westminster Abbey. Ibadah tersebut dinamai pemakaman kenegaraan karena khusus diadakan untuk para raja dan ratu dengan protokol ketat, yang mencakup prosesi militer dan persemayaman.

Belum pernah ada ibadah pemakaman raja atau ratu di Westminster Abbey sejak abad ke-18—meski ibadah pemakaman Ibu Suri digelar di sana pada 2002.

Ibadah pemakaman Ratu Elizabeth II akan dipimpin Pendeta David Hoyle. Adapun Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, akan menyampaikan khotbah. Perdana Menteri Liz Truss akan membacakan ayat dalam Alkitab.

11.15

Terompet pendek akan dibunyikan yang diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit. Lagu kebangsaan Inggris lantas dilantunkan dan ibadah di Westminster Abbey pun rampung.


12.15

Peti jenazah Ratu akan dibawa dalam prosesi berjalan kaki dari Westminster Abbey ke Wellington Arch di sudut Hyde Park, London.

Perjalanan yang bergerak lambat melalui sejumlah ruas jalan di Kota London akan diiringi bunyi lonceng Big Ben setiap satu menit. Tembakan penghormatan juga bakal dilepaskan setiap menit dari Hyde Park.


15.00

Kereta Jenazah akan tiba di Long Walk untuk mengikuti prosesi khusus. Jalan sepanjang lima kilometer itu akan dijaga oleh para personel Angkatan Bersenjata.

Khalayak umum diizinkan memasuki Long Walk untuk menyaksikan prosesi tersebut. Raja Charles III dan para anggota senior Keluarga Kerajaan akan bergabung di bagian Quadrangle.

Lonceng Sebastopol dan Curfew di Kastil Windsor akan berbunyi setiap menit dan tembakan penghormatan akan dilepaskan di area kastil.

16.00

Peti jenazah kemudian memasuki Kapel St George untuk ibadah pemakaman khusus. Kastil St George adalah gereja yang secara rutin dipilih Keluarga Kerajaan untuk pernikahan, pembaptisan, dan pemakaman.

Di sanalah, Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan, menikah pada 2018. Di lokasi itu pula, pemakaman Pangeran Philip diadakan.

16.45

Ibadah pemakaman berakhir kemudian Raja serta para anggota Keluarga Kerajaan meninggalkan kapel.

19.30

Ibadah yang diselenggarakan oleh lingkaran dalam Keluarga Kerajaan.

Baca Juga:

500 Pemimpin Dunia akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

#Ratu Elizabeth #Inggris
Bagikan
Bagikan