Tanda-Tanda PDIP Bidik DPR Dipimpin Putri Megawati Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

Merahputih.com - PDIP kini tengah membidik posisi Ketua DPR setelah dominannya suara mereka di kursi leglistatif sehingga bebas memilih siapa saja kader terbaik.

Tak tertutup kemungkinan, posisi ketua DPR bakal ditempati seorang perempuan karena PDIP tak membatasi bagi kadernya yang ingin menduduki posisi tertentu berdasarkan gender. Bahkan, beredar nama Puan Maharani yang bakal didapuk jadi Ketua DPR.

"Tentu saja dari PDIP setiap warga negara sama. Kami tidak pernah membuat perbedaan dari gendernya, dari status sosialnya. Tetapi, sejarah selalu dibuat karena itu tugas kita bersama," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (9/6).

BACA JUGA: PDIP Puji Keputusan Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Luar Pulau Jawa

Hasto melanjutkan, keluasaan dalam memilih Ketua DPR semakin mudah mengingat empat dari lima pimpinan DPR nanti berasal dari Koalisi Indonesia Kerja.

"Yang mengejutkan kan Golkar menunjukan kemampuannya sebagai partai lama, partai senior juga dapat menempati posisi nomor 1 dan 2 ditinjau dari jumlah kursi itu," imbuh dia.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Hasto sesumbar, 20 provinsi dimenangkan PDI dan hal itu sejalan dengan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasto mencontohkan wilayah-wilayah itu antara lain Bali, NTT, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Papua, Papua Barat, Maluku, Lampung dan Sumatera Utara.

"Artinya PDIP betul-betul bersama rakyat, bersama KIK itu menjadi die hardnya bagi kemenangan pak Jokowi dan Ma'ruf Amin itu. Di Sumut kami naik 100 persen kursi DPR RI. Di Aceh meski kursi dapat 1 kursi di tingkat provinsi," terang Hasto. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH