Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 09 Mei 2022
Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk
Kurangi makanan tinggi lemak agar tidak mengalami kolesterol. (Foto: Unsplash/Klara Kulikova)

KAMU pasti punya teman atau bahkan dirimu sendiri, ketika mengalami kolesterol kerap memegang tengkuk. Sebenarnya, ada bagian atau tanda-tanda lain di tubuh yang menjadi gejala kolesterol.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer (PAD). Sebenarnya, kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh karena sejatinya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme, membangun sel-sel baru, dan membentuk hormon.

Hanya saja, gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi berlebihan menjadi faktor utama penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Nyeri di bagian tengkuk biasanya dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

Baca juga:

Damai Ajalah, Kendalikan Kolesterol Demi Kelancaran Puasa

Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk
Olahraga secara rutin agar menjadi lebih sehat. (Foto: Unsplash/Chander R)


Selain nyeri di bagian tengkuk, tanda kolesterol lainnya adalah mudah merasa lelah dan nyeri di kaki. Plak di pembuluh darah yang muncul dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat seseorang menjadi lebih mudah merasa lelah. Selain itu, jika penumpukan plak ini terjadi pada pembuluh darah di kaki, maka area kaki dapat terasa berat dan nyeri.

Penumpukan plak tadi juga bisa terjadi di pembuluh darah jantung. Akibatnya bisa mengganggu bahkan menghambat aliran darah menuju jantung. Salah satu keluhan yang kerap muncul adalah nyeri di bagian dada. Jika tidak dikurangi asupannya, maka menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Baca juga:

Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk
Berhenti merokok secara perlahan. (Foto: Unsplash/Andres Siimon)

Agar terhindar dari berbagai dampak kolesterol tinggi, kamu dianjurkan untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Mulailah dengan mengurangi jumlah konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, yang banyak terkandung pada makanan cepat saji. Sebagai gantinya, pilih makanan yang rendah lemak atau mengandung lemak sehat, seperti ikan, dada ayam rebus atau panggang, susu rendah lemak, dan sayuran hijau.

Buat kamu yang merokok, sebaiknya perlahan coba untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terbentuknya plak kolesterol di pembuluh darah.

Coba juga mulai dengan kebiasaan olahraga secara rutin, seperti jogging, latihan angkat beban, kardio, atau high intensity interval training (HIIT). (and)

Baca juga:

Mengapa Daging Kambing Sering Dikaitkan dengan Kolesterol?

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan