Relasi
Tanda-Tanda Kamu Mengencani si Narsisistik Waspadai pacar yang punya kepribadian narsisistik. (foto: vocal media)

APAKAH pacarmu sering bersikap egois, self-centered, merasa paling benar, dan melakukan selfie di mana-mana? Jika iya, bisa jadi ia mengidap gangguan kepribadian narsisistik atau narcissistic personality disorder (NPD). Gangguan kepribadian ini biasanya ditandai beberapa karakteristik seperti anggapan bahwa ia paling penting, butuh perhatian yang berlebih, suka dikagumi, kurang empati terhadap orang lain, dan sering memiliki masalah ketika berada dalam suatu hubungan.

Meskipun begitu, Dr Fran Walfish asal Amerika Serikat mengatakan bahwa sama halnya dengan gangguan kepribadian atau gangguan mental lainnya, tidak ada yang mutlak atau pasti dalam mendiagnosis apakah seseorang memiliki gangguan kepribadian atau tidak.

BACA JUGA: Dijamin Berkesan, Nih Ide Hadiah Natal Sesuai Sifat dan Kepribadian Orang

Healthline memberikan tanda-tanda jika kamu mengencani seseorang yang cenderung memiliki gangguan kepribadian narsisistik serta tips untuk menanggulanginya.

1. Manis di awal

relasi
Terasa berbunga-bunga di awal. (foto: unsplash)

Ketika baru memulai hubungan percintaan, kemungkinan mereka akan melakukan sesuatu konsep yang disebut sebagai love bombing. Dilansir Psychology Today, love bombing merupakan perilaku membuat orang lain senang atau terkesan dengan menunjukkan tanda ketertarikan atau kekaguman. Hal tersebut bisa berbentuk pesan-pesan manis, berbagai kasih sayang dan tanda cinta, memberi bunga di tempat kerja, dan berbagai kejutan yang bisa membuatmu bahagia pada masa-masa awal berkencan.

Nedra Glover, founder dari Kaleidoscope Counseling di North Carolina, menyatakan bahwa orang yang memiliki gangguan kepribadian narsissistik cenderung merasa bahwa mereka pantas untuk bersama dengan orang yang spesial, dan orang yang spesial tersebut adalah satu-satunya orang yang bisa mengapresiasi diri mereka sepenuhnya.

Namun seketika kamu melakukan sesuatu yang membuatnya kecewa, dia bisa saja akan langsung berubah 180 derajat dan membuatmu bertanya-tanya tentang apa salahmu.

Jika kamu berada di posisi ini,disarankan bahwa kamu harus lebih berhati-hati terhadap mereka yang suka terburu-buru. Cinta sejati akan tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Jika kamu merasa bahwa ini terlalu dini baginya untuk mencintaimu, atau jika kamu merasa bahwa mereka belum cukup mengenalmu tapi sudah menyatakan cinta, bisa jadi mereka tidak sungguh-sungguh mencintaimu.

2. Insecure

relasi
Punya self-esteem yang rendah. (foto: healthline)

Meskipun terasa bahwa mereka adalah orang yang sangat percaya diri, mereka yang mengidap NPD sesungguhnya memiliki self-esteem yang rendah. Mereka membutuhkan banyak pujian dari orang lain, dan jika orang lain tidak memberikannya, mereka akan memancing sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Para narisissistik cenderung memanfaatkan orang lain yang memiliki rasa empati tinggi supaya bisa dirinya terasa berharga dan powerful.

Meskipun begitu, seringkali orang sulit membedakan mana orang percaya diri dengan mereka yang mengidap NPD. Sesungguhnya cara membedakannya cukup mudah. Orang yang mengidap NPD membutuhkan orang lain untuk membuat mereka merasa diatas, dan cara mereka meninggikan dirinya sendiri hanya dengan merendahkan orang lain. Dan kedua hal tersebut bukanlah hal prinsip dan pola pikir yang dimiliki oleh mereka yang benar-benar memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

3. Tidak punya teman lama

relasi
Jarang punya sahabat dekat. (foto: bustle)

Orang yang mengidap NPD biasanya jarang menjalin hubungan persahabatan jangka panjang, atau teman yang sesungguhnya. Biasanya mereka hanya dikelilingi oleh kenalan-kenalan biasa, teman yang sering mereka omongi di belakang, atau bahkan musuh. Hasilnya, tidak jarang mereka akan marah ketika kamu ingin berkumpul bersama teman-temanmu. Mereka akan membuatmu merasa bahwa kamu tidak menghabiskan cukup waktu bersamanya dan membuatmu merasa bersalah ketika kamu hang out dengan teman-temanmu.(shn)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ku.Loka FoodTerra, Surganya Kuliner Khas Indonesia
Fun
Ku.Loka FoodTerra, Surganya Kuliner Khas Indonesia

Aneka macam makanan khas Indonesia siap untuk disantap di pusat kuliner ini.

Racik Es Kopi Kekinian Minim Kalori #DiRumahAja
Kuliner
Efek Samping dari Waxing
Fun
Efek Samping dari Waxing

Berikut ini beberapa efek samping waxing dan cara sederhana mengatasinya

Tiongkok Sebentar Lagi Memiliki Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia
Fun
Tiongkok Sebentar Lagi Memiliki Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia

Tidak ingin ketinggalan, Tiongkok membangun stadion sepak bola terbesar

Instagram Resmi Rilis Buku Panduan Baru Untuk Orang Tua Indonesia
Fun
Instagram Resmi Rilis Buku Panduan Baru Untuk Orang Tua Indonesia

Panduan ini berisi informasi 'up to date' instagram.

Selesai Wajib Militer, Drama Korea Ini Jadi Momen Kembalinya Para Aktor
ShowBiz
Selesai Wajib Militer, Drama Korea Ini Jadi Momen Kembalinya Para Aktor

Berikut deretan drama Korea yang dipilih para aktor sebagai momen kembalinya mereka setelah wajib militer.

Jangan Langsung Percaya, 5 Aturan Tentang Diet ini Hanya Mitos
Fun
Jangan Langsung Percaya, 5 Aturan Tentang Diet ini Hanya Mitos

Banyak yang keliru, padahal hanya mitos belaka.

Sama-Sama Audio, Apa Beda Surround Sound dan Soundbar?
Fun
Sama-Sama Audio, Apa Beda Surround Sound dan Soundbar?

Lalu, apa sih perbedaan antara kedua audio tersebut?

Apple akan Merilis Macbook Termurah, Cek Spesifikasinya
Fun
Ini Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2021 Versi National Geographic
Travel
Ini Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2021 Versi National Geographic

Sebagai inspirasi jik nanti traveling memungkinkan.