Tanda Kucingmu Terserang Virus Toksoplasma Kucing berpotensi menyebarkan virus toksoplasma. (Foto: Pixabay/Kirgiz03)

MEMILIKI hewan peliharaan seperti kucing menjadi hiburan tersendiri bagi setiap orang. Rasa penat dan lelah setelah rutinitas sehari-hari dapat terobati ketika melihat mereka bertingkah lucu dan menggemaskan.

Namun, di balik sosok yang menggemaskan itu, ada bahaya yang mengintai, terutama bagi si majikan. Jika si kucing jarang atau tidak pernah dikontrol kesehatannya, bisa jadi ia terinfeksi parasit mikroskopis sel tunggal bernama toksoplasma gondii. Jika tidak segera ditindak maka parasit tersebut akan pindah ke manusia.

Baca juga:

Benarkan Virus Corona Cenderung Menyerang Pria?

Penyebaran virus toksoplasma cukup luas di seluruh dunia. Ia mampu beradaptasi terhadap struktur tubuh inangnya dengan sangat sempurna. Maka sangat sulit mendeteksi secara dini baik pada hewan atau yang terlanjur masuk ke dalam tubuh manusia. Virus ini menjadi salah satu faktor penyebab kemandulan.

Tapi jangan khawatir. Meskipun jarang menunjukan gejala yang signifikan, kamu bisa mengenali tanda-tanda awal dengan memerhatikan kondisi hewan peliharaanmu secara seksama. Simak ulasannya di bawah ini.


1. Malas

Kerjaannya tidur seharian. (Foto: Pixabay/KatinkavomWolfenmond)
Kerjaannya tidur seharian. (Foto: Pixabay/KatinkavomWolfenmond)

Virus toksoplasma menyerang imun tubuh scara perlahan sehingga tubuh hewan akan melemah lemah. Akibatnya hewan tersebut menjadi malas dan memilih untuk tidur meskipun masih siang hari. Intensitas gerakannya pun semakin menurun.

2. Demam

Sering sakit dan demam. (Foto: Pixabay/pikabum)
Sering sakit dan demam. (Foto: Pixabay/pikabum)

Tidak ada angin tidak ada hujan, kucingmu sering demam tanpa sebab? Bisa jadi mereka menunjukan gejala awal infeksi tokso. Sebaiknya segera bawa ke klinik terdekat. Virus toksoplasma bisa terdeteksi melalui pengambilan sampel darah dan kotorannya.

Baca juga:

Virus Selalu Mengintai Saat Kamu Traveling


3. Kondisi Kulit

Perhatikan kondisi kulit dan bulu kucing. (Foto: Pixabay/SayaPhotos)
Perhatikan kondisi kulit dan bulu kucing. (Foto: Pixabay/SayaPhotos)

Perhatikan permukaan kulit kucing peliharaanmu. Jika kulitnya sering mengalami masalah kekeringan atau luka yang sulit sembuh, itu merupakan pertanda virus toksoplasma sudah menyerang. Imun tubuh yang semakin menurun bisa ditunjukan melalui kondisi fisik luar hewan.

4. Nafsu Makan Menurun

Trivia 4 _ Kucing kehilangan nafsu makan. (Foto: Pixabay/kalhh)
Trivia 4 _ Kucing kehilangan nafsu makan. (Foto: Pixabay/kalhh)

Hewan yang sehat nafsu makannya sangat tinggi, termasuk kucing. Mereka bisa tetap lahap bahkan ketika baru selesai makan. Jika kucing peliharaanmu tiba-tiba mogok makan sampai berhari-hari, bisa jadi mereka terjangkit virus tersebut. Toksoplasma memang terkenal mampu membuat inangnya kekurangan nutrisi. (mar)

Baca juga:

Semangka Singkirkan Kanker Prostat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH