Tanda Kehamilan Aneh yang Tak Perlu Dikhawatirkan Jangan panik kalau mendapat gejala ini (Sumber: Pixabay/Pexels)

MEMILIKI buah hati adalah dambaan bagi pasangan yang baru saja menikah. Hal itu karena banyak anggapan keluarga kurang sempurna tanpa kehadiran sang buah hati.

Nah, bagi beberapa calon ibu muda yang telah positif hamil, pasti akan melakukan berbagai cara agar bayi di dalam kandungan tetap sehat. Namun, beberapa tanda kehamilan membuat khawatir. Padahal tanda-tanda tersebut adalah hal lumrah.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa tanda kehamilan yang tak perlu dikhawatirkan bagi seorang calon ibu.

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah (Sumber: PixabayAlexas_Fotos)
Mual dan muntah (Sumber: PixabayAlexas_Fotos)


Gejala ini adalah hal yang paling umum terjadi terutama pada trimester pertama kehamilan. Biasanya mual dan muntah akan terjadi di pagi hari. Usahakan untuk menjaga asupan makanan agar janin dan kondisi calon ibu tetap sehat. Namun, jika kondisi mual dan muntah tampak parah, coba untuk konsultasi ke dokter.



2. Keputihan

Keputihan adalah hal lumrah (Pixabay/Free-Photos)
Keputihan adalah hal lumrah (Pixabay/Free-Photos)



Keputihan sangat umum terjadi selama kehamilan karena perubahan hormon yang terjadi di tubuh. Kondisi ini akan meningkat pada tahap akhir kehamilan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika carna cairan yang keluar kuning muda atau putih. Namun, kunjungi dokter jika terasa gatal dan berbau busuk. Bisa jadi itu karena infeksi jamur.

3. Mimisan, gusi berdarah dan varises

Mimisan (Sumber: Pixabay/Proactive Health Labs)
Mimisan (Sumber: Pixabay/Proactive Health Labs)

Meski tidak semua, mimisan atau gusi berdarah saat hamil adalah hal yang wajar. Hal itu terjadi karena hormon kehamilan. Selain itu sepuluh persen dari perempuan hamil akan menderita varises di kaki dan vulva.

4. Puting menjadi lebih besar

Puting menjadi besar adalah hal lumrah (Sumber: Pixabay/tasha)
Puting menjadi besar adalah hal lumrah (Sumber: Pixabay/tasha)

Jika mengalami kondisi ini maka jangan khawatir, karena hal tersebut sangat normal. Biasanya selain membesar, puting atau areola menjadi lebih gelap. Hal itu karena peningkatan volume darah. Ini juga cara alami mempersiapkan tubuh agar bayi dapat menyusu dengan nyaman.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH