Tanda Kalau Kamu Berhubungan dengan Orang Narsis Apakah pasangan kamu narsis? (Foto: Pixabay/Disarm)

TERKADANG mengetahui seseorang yang sesungguhnya bila sudah menjalin hubungan cukup dekat. Tak terkecuali bila menyukai seseorang yang ternyata adalah narsis akut. Menyenangkankah? Ternyata tidak memberikan pengalaman yang menyenangkan bila berhubungan dengan narsis.

Hubungan kamu dengan seseorang yang narsis akan membuat diri kamu tidak sehat. Seperti mengaduk-aduk emosi bahkan kesehatan tubuh kamu. Namun ada perbedaan antara narsis dengan over pede. Menurut laman lifehack, bila pasangan kamu menunjukan lima tanda ini berarti, dia memang mengidap Narcissistic Personality Disorder (NPD).

Selalu tentang dirinya

narsis
Harus selalu tentang dirinya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Apapun yang tengah dibicarakan akan selalu muncul kata-kata tentang dirinya yang melebihi kamu dan orang lain. Semua percakapan akan dia bajak dan selalu diarahkan pada dirinya.

Orangnarsis selalu membutuhkan perhatian terus-menerus dari orang lainnya. Andai bukan tentang dirinya akan membuatnya seperti disisihkan. Berhubungan dengan narsis bukan hanya tentang percakapan, melainkan juga tentang pengambilan keputusan, opini, pemikiran, tujuan, pilihan dan apapun yang harus selalu tentang dirinya.

Pengidap NPD ini selalu percaya bahwa dunia berpusat pada dirinya dan semua harus mengitarinya. Orang seperti ini harus mendapatkan apapun sesuai dengan kemauannya.

Kebanyakan narsis menawan

narsis
Para narsis pada awalnya sangat memanjakan pasangannya. (Foto: Pexels/Josh Willink)


Pada awal hubungan kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Kamu akan dimanja, dilayani dan diberikan apapun yang menjadi keinginan. Dalam benak kamu hubungan ini membuat kamu seperti orang nomor satu seantero jagat.

Dasarnya orang narsis, dia memiliki kemampuan untuk itu. Mereka akan memoles dirinya sebaik-baiknya dan menjadi orang paling baik hati sedunia untuk merebut hati kamu. Kembali lagi dia hanya memusatkan pikiran dan dirinya untuk kepentingannya semata.

Mereka memiliki karakter pede, memesona dan berkarisma. Sayangnya itu hanya ditunjukan dalam waktu singkat saja di awal hubungan, sebelum warna sejatinya keluar.

Kepribadian ganda?

narsis
Sepertinya orang narsis memiliki dua karakter yang berbeda. (Foto: Pixabay/Disarm)


Ahli masalah narsis, Andrea Schneider menjelaskan biasanya orang narsis akan lambat menunjukan perubahan dirinya. Orang seperti ini pandai menutupi dirinya sendiri, kemudian mulai merendahkan orang lain. Bahkan terkadang mereka dapat melemparkan isu narsis pada orang lain atau pasangannya sendiri.

Hubungan dengan orang narsis biasanya tak berlangsung lama, bisa hitungan hari, minggu, bulan dan terkadang hanya satu tahun. Bisa jadi bila kamu berhubungan dengan orang narsis seperti melihat karakter Dr. Jekyll & Mr. Hyde, di satu sisi sangat baik, sisi lainnya kepribadian yang sangat gelap. Narsis akan bisa memberi hadiah pada pasangannya namun disaat bersamaan merendahkan.

Enggak ada tanggung jawab

narsis
Orang narsis tidak memiliki ikatan tanggung jawab dengan orang lain. (Foto: Pexels/MIXU)


Orang dengan kecenderungan narsis biasanya tidak menunjukan tanggung jawab. Mereka menyepelakan bahkan melupakan yang harusnya menjadi tanggung jawabnya. Mereka tidak pernah memikirkan dampak yang ditimbulkannya. Seperti meminjam uang tidak dikembalikan, ingkar dari janji yang sudah disepakati atau menyalahkan orang lain meskipun itu tanggung jawabnya.

Terisolasi

narsis
Kamu hanya boleh ada dalam lingkarannya. (Foto: Pixabay/Picography)


Ini yang paling parah! Kamu akan diisolasi dan dikontrol dalam kehidupannya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya yang sesuai kemauannya dan mereka akan membuat pasangannya sangat bergantung pada dirinya.

Bayangkan bila kamu dijauhkan dari teman, keluarga dan kolega-kolega lainnya, kehidupan kamu hanya seputar dirinya. Bahkan dia akan mengontrol semua akun media sosial kamu dan telepon keluar dan masuk. Celakanya dalam kasus tertentu hingga mengontrol keuangan bahkan kehidupan karier kamu.

Lebih baik segera memutuskan hubungan bila memang pasangan kamu menunjukan gejala seperti itu. Daripada kamu kehilangan dunia dan diri kamu sendiri. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH