Tanda Gejala Depresi Bagi Anak-Anak, Laki-laki, dan Perempuan Penjelasan mengenai tanda gejala depresi. (Foto: psiloveyou.xyz)

DEPRESI merupakan kondisi yang lebih daripada hanya merasa sedih atau galau. Menurut healthline.com, depresi diklasifisikan sebagai mood disorder dideskripsikan sebagai rasa sedih, kehilangan, atau kemarahan yang menganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Tidak mengenal sasaran, depresi bisa menyerang siapa saja mulai dari laki-laki, perempuan, dan juga anak-anak. Pengalaman berbagai orang dalam menghadapi depresi tentunya bervariasi, dari mulai menganggu pekerjaan sehari-hari yang berdampak pada menghabiskan lebih banyak waktu dan kurang produktif. Depresi juga bisa memengaruhi hubungan dengan orang lain dan juga kondisi kesehatan seseorang.

1. Gejala depresi pada laki-laki

Tanda Gejala Depresi Bagi Anak-Anak, Laki-laki, dan Perempuan
Apakah kamu mengalami gejala depresi (Foto: Danfomatic)

Untuk kaum laki-laki, jika kamu memiliki perubahan mood seperti kemarahan, bersikap agresif, kegelisahan, dan kecemasan, maka bisa jadi kamu mengalami depresi. Ini semakin diperkuat jika kamu memiliki kondisi emosional seolah kamu merasa kosong, sedih, dan putus asa.

Kehilangan ketertarikan pada semua hal, tidak lagi suka terhadap hal-hal yang kamu anggap menarik, mudah merasakan capek, berfikir ingin mengakhiri hidup, dan menggunakan obat-obat terlarang juga menjadi tanda bahwa kamu memiliki gejala depresi.

Jika kamu mulai tidak tertarik berhubungan seks, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, dan telat merespon dalam suatu pembicaraan, dan sering pusing, artinya kemungkinan besar kamu depresi.

2. Gejala depresi pada perempuan

Tanda Gejala Depresi Bagi Anak-Anak, Laki-laki, dan Perempuan
Gejala depresi bagi kaum perempuan. (Foto: healthline.com)

Kamu akan mulai merasakan mood yang lebih sensitif dan cepat marah. Kamu merasakan energi kamu rasanya selalu habis, kehilangan napsu makan, turun berat badan, sulit tidur, dan kesulitan berbicara dan berpikir. Kamu juga akan menarik diri dari berbagai perkumpulan sosial yang biasanya kamu nikmati.

3. Gejala depresi pada anak-anak

Tanda Gejala Depresi Bagi Anak-Anak, Laki-laki, dan Perempuan
Anak-anak juga bisa merasakan depresi. (Foto: Orenstein Solutions)

Jika kamu menemukan berbagai gejala ini pada anak-anak, bisa jadi dia sedang mengalami kondisi tertekan atau disebut dengan depresi. Hal ini biasanya ditunjukkan dari mudh marah dan mudah menangis.

Mood selalu berubah-ubah dengan cepat, selalu merasa bahwa dia tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik, berkecil hati, dan kesulitan berkonsentrasi.

Dia juga akan menunjukkan tanda-tanda menolak untuk bersekolah dan kinerjanya di sekolah menurun. Dalam kasus anak-anak, mereke cenderung tidur terlalu lama atau tidak tidur sama sekali. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH