Kesehatan
Tanda Bahaya Mata Kedutan Biasanya hanya satu mata yang kedutan karena bukan dari saraf pengontrol refleks kedip. (freepik.com/cookie_studio)

ORANG Indonesia selalu mengaitkan mata berkedut dengan mitos tertentu. Namun, hal itu tak selalu tepat. Kelopak mata bisa berkedut selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Kondisi itu bisa amat mengganggu dan menjengkelkan.

Pertanyaannya ialah kenapa itu terjadi dan bagaimana kamu membuat kedutan itu berhenti? Haruskah kamu khawatir?

Kejang kelopak mata, meski menjengkelkan, jarang menjadi pertanda sesuatu yang serius. Demikian menurut kata Stephanie Erwin, dokter mata di Cole Eye Institute Cleveland Clinic, AS.

BACA JUGA:

Mengapa Harus Nunda Punya Momongan?

Jenis kedutan mata yang paling umum adalah serangkaian kontraksi otot yang disebut myokymia kelopak mata, yang menghasilkan kontraksi kelopak mata yang tidak disengaja dan intermiten.

Hanya satu mata yang terpengaruh pada satu waktu karena kedutan berasal dari otot di sekitar mata, dan bukan saraf yang mengontrol refleks berkedip, yang mengirimkan pesan yang sama ke kedua mata secara bersamaan, Erwin menjelaskan.

“Jika kedutan berlangsung lama, atau disertai dengan gejala tambahan, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter mata untuk memastikan tidak ada hal lain yang terjadi,” katanya seperti diberitakan The New York Times.

Jika kedutan menyebar ke otot lain di wajah atau jika kamu mengalami kedua mata berkedut secara bersamaan, itu adalah indikasi masalah yang lebih serius. Tanda bahaya lain termasuk kelopak mata terkulai atau mata merah.

Namun, jika hanya satu kelopak mata yang berkedut dan berhenti, ini biasanya merupakan kasus miokymia kelopak mata yang tidak berbahaya.

Mengenai mengapa itu terjadi: “Tidak ada yang tahu persis mengapa,” kata Dr. Alice Lorch, dokter mata di Massachusetts Eye and Ear di Boston, AS. Terkadang karena iritasi kecil, misalnya kontak lensa bergesekan dengan kelopak mata, tambahnya.

Namun yang lebih umum, menurut para ahli, kedutan disebabkan oleh stres, kurang tidur atau asupan kafein yang berlebihan. Mata kering, penyakit umum di antara mereka yang menatap layar hampir sepanjang hari, adalah penyebab lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kita lebih sedikit berkedip saat melihat perangkat digital, yang membuat mata terasa kering.

Cara mengatasinya

mata berkedut

Kedutan disebabkan stres, kurang tidur atau asupan kafein yang berlebihan. (pexels.com/Arina Krasnikova)

Tidak ada perbaikan cepat untuk kedutan kelopak mata, menurut Lorch. Namun, air mata buatan atau obat tetes yang melumasi mata, bisa membantu mengatasi kedutan. Idealnya, pilih yang bebas pengawet, karena pengawet kimia terkadang bisa membuat iritasi.

Kamu juga dapat mencoba memijat mata di kamar mandi atau menutupi mata dengan waslap basah dan hangat tepat sebelum tidur. Menurutnya, cara itu akan membantu mengendurkan otot-otot mata dan membuka kelenjar di tepi kelopak mata. Ini meningkatkan aliran minyak ke mata dan memperlambat penguapan air mata.

Tindakan pencegahan lainnya termasuk lebih banyak istirahat dan mengurangi stres. "Kedutan adalah sinyal dari tubuh yang meminta kamu untuk melambat," kata Dr. Raj Maturi, juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Mengurangi asupan kafein juga dapat membantu mencegah mata berkedut, karena sejumlah besar kafein dapat menyebabkan ketegangan otot. Minum satu atau dua cangkir kopi setiap hari seharusnya baik-baik saja, menurut Lorch.

Selain itu, penting juga untuk tetap terhidrasi dan makan makanan seimbang yang mencakup makanan tinggi kalium (kentang, pisang dan lentil adalah sumber yang bagus), magnesium (ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan ikan) dan kalsium (coba susu, sarden, sayuran berdaun hijau gelap atau sereal sarapan yang diperkaya nutrisi tambahan), karena ketidakseimbangan mineral ini dapat menyebabkan kedutan.

kesehatan mata

Air mata buatan atau obat tetes yang melumasi mata, bisa membantu mengatasi kedutan. (freepik.com/freepik

Air tonik terkadang disebut-sebut sebagai obat kelopak mata berkedut karena mengandung sedikit kina. Dokter mata, meskipun jarang, juga bisa menggunakan Botox untuk menghentikan kedutan dengan menyuntikkan sedikit ke otot orbicularis yang mengelilingi kelopak mata, tetapi ini dilakukan hanya pada kasus yang parah, kata Erwin.

Myokymia kelopak mata, menurut para ahli, biasanya hilang dengan sendirinya tanpa intervensi medis. Bagi kebanyakan kasus, ini hanya masalah istirahat, mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stres, melumasi mata dan menunggu kedutan berhenti. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran
Fun
Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran

Kenali beberapa tips agar kulit tetap cantik selama libur Lebaran

4 Inspirasi Dekorasi Natal yang Cantik dan Menarik
Fun
4 Inspirasi Dekorasi Natal yang Cantik dan Menarik

Berikan dekorasi kecil di atas meja, depan pintu, dan railing tangga

Perusahaan Label Rekaman Ikut Kembangkan Dunia Esports
Fun
Perusahaan Label Rekaman Ikut Kembangkan Dunia Esports

Trinity Optima Production (TOP) turut mengembangkan dunia esports Tanah Air.

Drake Tarik Diri dari Nominasi Grammy 2022
ShowBiz
Drake Tarik Diri dari Nominasi Grammy 2022

Ada spekulasi berhubungan dengan hukum.

Sederet Selebritis yang Tampil di Karpet Merah Oscar 2022
Fashion
Sederet Selebritis yang Tampil di Karpet Merah Oscar 2022

Di sana banyak selebritis dunia memamerkan pakaian terbaik mereka.

Manisnya Bikin Lupa Daratan, 4 Dessert Slovenia yang Wajib Kamu Coba
Fun
Hyundai Ioniq 5 Uji Coba Otonom Level 4, Bisa Dikendarai Tanpa Pengemudi
Hiburan & Gaya Hidup
Hyundai Ioniq 5 Uji Coba Otonom Level 4, Bisa Dikendarai Tanpa Pengemudi

Hyundai Ioniq 5 akan menggunakan Robotaxi untuk mengemudikan kendaraan secara otomatis.

Perlu Tahu, Begini Cara Raup Cuan lewat Konten TikTok
Fun
Perlu Tahu, Begini Cara Raup Cuan lewat Konten TikTok

Mulai dari endorse sampai melakukan live streaming.

Libur Sekolah Waktunya Mengasah Kecakapan Hidup Bersama Anak
Fun
Libur Sekolah Waktunya Mengasah Kecakapan Hidup Bersama Anak

Manfaatkan liburan sekolah dengan kegiatan positif bersama anak.

Beyonce Luncurkan Koleksi Valentine untuk Ivy Park x Adidas
Fashion
Beyonce Luncurkan Koleksi Valentine untuk Ivy Park x Adidas

Ivy Park x Adidas hadirkan koleksi bertema cinta bernama 'Ivy Heart'.