Tanaman Ini Baik untuk Kesehatan, Bahkan Melawan Penyakit Kritis banyak tanaman yang dapat dijadikan pengobatan alamiah. (Foto: Pixabay/capri23auto)

TIDAK orang yang terkena penyakit apalagi penyakit kritis, seperti kanker. Sebelum itu terjadi sebaiknya sedia payung sebelum hujan. Ada beberapa tanaman yang baik untuk menjaga kesehatan dan melawan berbagai penyakit. Bisa jadi banyak yang sudah mengerti khasiat tanaman ini, bagaimana dengan cara menanamnya.

Tanaman-tanaman yang masuk dalam jenis herbal ini pada zaman dahulunya kerap ada di pekarangan rumah, keindahannya sama dengan tanaman hias lainnya. Sayangnya kemudian bergeser dan tergerus oleh zaman. Padahal menanamnya tidak membutuhkan lahan yang luas, dengan teknik modern masih bisa ditanam di pekarangan rumah yang tertutup beton.

Baca Juga:

Bantu Atasi Pemanasan Global dengan Tanaman Lidah Mertua

Kumis kucing

tanaman
Kkumis kucing yang mampu mengobati batu ginjat. (Foto: herbcottage)

Meskipun namanya kumis kucing, bukan berarti harus menangkap kucing dan menanam kumisnya. Tanaman ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan khasiatnya juga tidak diragukan lagi. Di toko-toko herbal, sudah ada banyak produk ekstraknya.

Faktanya tanaman kucing ini bisa tumbuh baik di pekarangan rumah dengan ketinggian 500 - 1.200 mdpl. Tanamana kumis kucing ini ternyata bisa menyembuhkan bagi penderita asam urat, diabetes,batuk, hipertensi dan juga melancarakan slauran kemih bagi yang menderita batu ginjal. Tentunya untuk menanamnya harus dirawat dengan baik. Hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin, beri pupuk, dan jaga agar tanaman ini terhindar dari hama. Hama yang sering menyerang kumis kucing adalah ulat dan kutu daun.

Kunyit

tanaman
Kunyit banyak diolah menjadi jamu. (Foto: naturalliving)


Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang menambahkan kelezatan masakan. Lebih dari itu kunyit memiliki khasiat mengobati diare, anemia, sakit tenggorokan, demam, hingga asma. Ini karena kunyit memiliki senyawa kurkumin yang mampu melawan segala jenis bakteri. Termasuk khasiatnya adalah meredakan bengkak, menyembuhkan alergi kulit, meringankan sakit saat haid, bahkan mencegah kanker. Hanya saja menanamnya kunyit harus menghindari tanah yang tergenangi air. Selebihnya seperti merawat tanaman yang ada.

Daun encok

tanaman
Menyembuhkan nyeri dan pegal otot. (Foto: deherbal)


Dari namanya saja sudah encok tentu khasiat untuk menyembuhkan nyeri sendi, nyeri pinggang, hingga rematik. Mengolahnya pun terbilang mudah. Hanya perlu menumbuk daunnya hingga halus dan menambahkan air hangat. Tapi bukan untuk diminum, melainkan dioleskan pada bagian yang nyeri atau sakit, dua kali sehari.

Baca Juga:

5 Tanaman Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Kamu Sudah Coba?


Keji beling

tanaman
Khasiatnya bisa menyembuhkan diare, liver dan kencing batu. (Foto: deherbal)


Kerap dianggap sebagai semak belukar, tak mengherankan bila tanaman herbal ini tidak disukai karena dianggap menghilangkan keindahan pekarangan. Padahal hanya butuh penataan yang baik maka khasiat tanaman ini dapat dirasakan oleh orang. Tanaman ini memiliki memiliki khasiat yang mampu mengobati batu ginjal, diare, liver, maag, hingga kencing manis. Hanya saja tanaman ini membutuhkan tempat yang teduh. Bila tidak kandungan air di dalam tanaman mudah menguap.

Bunga kenop

tanaman

Dibalik warnanya yang indah menyimpan khasiat luar biasa. (Foto: pinterest)


Dikenal juga dengan nama bunga kancing dengan warna merah muda bercampur ungu yang menambah semarak keindahan pekarangan rumah kamu. Tanaman ini banyak ditemukan di Amerika namun mampu pula hidup di Indonesia. Karena butuh sinar matahari yang baik, hanya saja kalau menanamnya dari kecambah harus menghindari matahari terlebih dahulu. Di balik keindahan warnanya itu bunga ini mampu mengobati penyakit asma, atau sesak nafas. (iel)


Baca Juga:

4 Tanaman Rumah Cegah Polusi Asap Rokok


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH