Tanah Longsor dan Banjir Landa Daerah Istimewa Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 November 2017
Tanah Longsor dan Banjir Landa Daerah Istimewa Yogyakarta
Pengendara motor menerjang banjir yang melanda wilayah Bayat Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/11). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

MerahPutih.com - Tanah longsor dan banjir menerjang sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peristiwa ini terjadi akibat cuaca ekstrem yakni hujan lebat yang disertai angin kencang sejak semalam.

Pusat Data dan Logistik (Pusdalop) BPBD DIY mencatat wilayah yang diterjang longsor tersebar di 22 titik meliputi 16 titik di Kabupaten Bantul, 2 titik di Kulonprogo, satu titik di Gunungkidul dan tiga titik di Kabupaten Sleman.

"Untuk di Bantul, longsor sebagian besar berada di Kecamatan Imogiri dan Pundong yang terletak di dataran tinggi. Untuk di Kulonprogo terjadi di Kecamatan Kokap. Kalau di Sleman ada di Kecamatan Prambanan," jelas Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Wahyu Pristiawan melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (28/11).

Ia melanjutkan, longsor sebagian besar terjadi di wilayah perbukitan dan dataran tinggi. Longsor menyebabkan dinding masjid di sebuah pondok pesantren di daerah Kokap Kulon Progo ambrol. Tiga orang santri yang berada dalam masjid mengalami luka ringan karena terkena dinding yang jebol.

Sementara banjir terjadi di 5 titik, yakni 3 titik di Gunungkidul meliputi wilayah Kecamatan Saptosari dan Karangmojo dan 2 titik di Kabupaten Kulon Progo yakni di wilayah Sentolo.

"Banjir ini membuat 2 sekolah di daerah Gunungkidul tergenang yakni SMK Pelayaran dan SMP 3 Saptosari. Kegiatan belajar mengajar dilibutkan," katanya.

Beberapa rumah di Grogol Karangmojo Gunung Kidul turut tergenang banjir setinggi 1 meter. Akibatnya tujuh kepala keluarga di Karangmojo mengungsi.

BPBD telah menurunkan petugas dan relawan bencana untuk membantu mengevakuasi warga serta melakukan pemotongan atau menyingkirkan pohon tumbang yang menutupi jalan dan mengenai rumah atau fasilitas umum. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Cuaca Buruk, 21 Penerbangan di Bandara Adisutjipto Terganggu

#Yogyakarta #Cuaca Buruk
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan