Tanah KEK Tanjung Lesung Bermasalah, Ini Solusi Pemkab Pandeglang Tasyakuran dan Pesta Laut Panimbang (Foto: disbudpar. pandeglangkab.go.id)

MerahPutih.Com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung ternyata masih menyimpan masalah pembebasan lahan. Pemerintah Kabupaten Pandeglang sampai sekarang terus berupaya menyelesaikan masalah tanah di kawasan Panimbang itu.

"Masih ada sekitar 100-200 hektere lahan untuk pembangunan KEK Pariwisata masih bermasalah akan kami upayakan untuk menyelesaikannya melalui musyawarah dengan masyarakat," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Pandeglang Indah Dinarsiani di Pandeglang, Kamis (29/3).

KEK Tanjung Lesung merupakan bagian dari 10 proyek strategis pariwisata nasional. Kawasan ini akan dibangun pada areal 1.500 hektare.

Dalam mengembangkan KEK Pariwisata yang pusatnya di lokasi wisata Pantai Tanjung Lesung itu dilakukan lintas sektoral, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

KEK Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung (Foto: Instagram/Tanjung Lesung)

Selama ini, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, selain Pantai Carita. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi objek tersebut.

Karena potensinya cukup bagus, pemerintah pusat memandang perlu untuk meningkatkan kawasan itu, dan dijadikan sebagai objek wisata nasional.

Pemerintah pusat kemudian menetapkan Tanjung Lesung sebagai lokasi Pembentukan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata. Pemerintah daerah sangat mendukung rencana itu," katanya sebagaimana dilansir Antara.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disedikan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.

Untuk mendukung kawasan wisata itu, pemerintah juga akan membangun jalan tol dari Serang-Panimbang dan membangun Bandar Udara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH