Tampil Perdana, Timnas Arab Saudi Cetak Rekor Sejarah Piala Dunia Timnas Arab Saudi. (Getty Image)

AJANG bergengsi sepak bola, Piala Dunia 2018, akan segera berlangsung malam ini, Kamis (14/6). Pada laga perdana, tuan rumah Rusia bakal menghadapi salah satu wakil Asia, Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, pukul 22.00 WIB.

Meski bukan negara unggulan, namun pertandingan Rusia vs Arab Saudi cukup menarik untuk diperhatikan. Apalagi pada laga tersebut, Arab Saudi menorehkan rekor pertama sebagai perwakilan Asia yang bertanding pada laga pembuka.

Bahkan, pada Piala Dunia 2002 lalu, ketika Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah laga perdana justru dimainkan oleh juara bertahan Perancis kontra Senegal.

Kemudian pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, Korea Selatan hampir tampil menjadi pembuka setelah tergabung di dalam Grup A bersama Bulgaria, Italia, dan Argentina. Namun, Bulgaria vs Italia yang bertanding di Stadion Azteca, seperti jadwal yang dibuat oleh pihak panitia penyelenggara.

Sementara itu, Arab Saudi sendiri merupakan salah satu tim nasional paling berhasil di Asia. Debut Piala Dunia mereka terjadi pada 1994. Arab Saudi lolos 4 kali beruntun ke Piala Dunia ia sampai Piala Dunia 2006

Pada turnamen Piala Dunia 1994, Arab Saudi membuat kejutan dengan mengalahkan Belgia sebelum kemudian dikalahkan Swedia di babak kedua. Namun, mereka tidak pernah berhasil kembali lolos ke babak kedua di piala dunia-piala dunia berikutnya. Di Piala Dunia 2002, Arab Saudi bahkan kalah telak 0-8 dari Jerman.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH