Tampil Modern dan 'Instagramable', Pasar Karetan Jadi Atraksi Wisata Baru Jawa Tengah Suasa Pasar Karetan Kendal, Jawa Tengah.

PASAR modern mungkin sudah ada, tapi kalo tempatnya Instagramable? Masa sih ada di Indonesia?

Ya, Pasar Karetan Kendal, Jawa Tengah, punya konsep unik memadukan pasar dengan beragam kegiatan jual-beli dan digital lifestyle kids jaman now.

Berbeda dari kebanyakan pasar modern lainnya, Pasar Karetan terbentuk lewat partisipasi anak-anak muda warganet penggiat sektor wisata di Jawa Tengah, Generasi Pesona Indonesia (GenPI), sehingga wajah pasar tampil kekinian.

“Itulah digital lifestyle anak-anak muda, selalu memikirkan impression, objek foto Instagramable, interaktif, viral, trending topic, dan tema-tema khas online social media. Di mana ada objek antimainstream, di situ mereka berkumpul,” kata Menpar Arief Yahya.

Salah satu lokasi dari 1001 titik berswafoto

Pasar Karetan hasil kreasi anak muda GenPI Jateng ini menyuguhkan pengalaman berbeda. Pengunjung enggak sekadar bertemu kuliner khas, langka, dan tradisional, bahkan sensasional karena menampilkan 1001 titik swafoto. Dengan begitu, tentu membuat gatal pengunjung mengeluarkan ponsel pintar atau kamera, baik untuk swafoto maupun ngevlog.

Digital lifestyle itu, kata Menpar Arief Yahya, harus interaktif, berbasis online, bercerita dengan video, gambar, sedikit teks, viral alias dari HP ke HP. Bukan lagi dari mulut ke mulut, karena “mulut” mereka adalah gadget, sinyal, dan wifi. “Bagus, konsep Pasar Karetan ini!,” ajak Menpar Arief.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty, berpendapat hadinya Pasar Karetan merupakan perpaduan apik anak-anak muda generasi milenial dengan masyarakat tradisional. “Yang satu hidup di online, yang satu di offline, bertemu di Pasar Karetan,” kata Deputi Esthy yang ramah ini.

Dengan beragam keunikan dan keikonikannya, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si, mengajak seluruh masyarakat se-Nusantara untuk hadir berkunjung ke Pasar Karetan tiap hari Minggu pukul 06.00 hingga 11.00 WIB, untuk bersantai dan berlibur bersama keluarga, sahabat, handai tolan, karib, termasuk friends dan followersnya. (*)



Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH