Tampil Kekinian, Candi Gedong Songo tak Melulu Wisata Sejarah Spot instagrammable di Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/nasyarsmlia14_)
indonesiaku-singlepost-banner-2
indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-7

CANDI Gedong Songo sangat terkenal sebagai kawasan peningaglan Hindu di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Pemandangan di sekeliling lapangan parkir objek wisata sejarah Candi Gedong Songo terlihat indah.

Meski lokasi parkir dan pintu masuk ke Candi Gedong Songo terkesan biasa-biasa saja, jangan khawatir. Masuklah dan berjalan sekitar 5 menit. Di dalam area Candi Gedong Songo, panorama alam mulai menggoda.

Tak jauh dari pintu gerbang, balon-balon udara menghiasi langit biru, cantik untuk selfie. Pemandangan, aktivitas dan spot-spot selfie lain bertebaran di kawasan itu. Dikutip Arah Destinasi, berikut tentang Candi Gedong Songo yang tak sekadar wisata sejarah.


1. Cara menuju ke Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/nanang_adisusilo)
Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/nanang_adisusilo)

Keindahan kawasan Candi Gedong Songo bukan cuma menyodorkan wisata sejarah, tetapi juga dikelilingi tempat-tempat selfie unik. Terpenting, lokasinya memungkinkan dijangkau dan dijelajahi selama akhir pekan dari Jakarta.

Setelah keputusan mendatangi Bandungan mencapai suara bulat, maka mulai berburu transportasi dan hotel. Pilihan jatuh pada kereta api dengan jam keberangkatan malam hari (Jumat) dan pulang di hari Minggu dengan kereta sore. Hotel dipilih di pusat Kota Semarang agar lebih mudah berburu kuliner.

Satu jam berselancar, akhirnya transportasi dan hotel selesai dipesan hanya dalam waktu tak sampai lima menit. Jika dipakai dengan benar, teknologi memang sangat memudahkan.

Untuk transportasi lokal, diputuskan menyewa kendaraan menuju Bandungan. Biaya sewa satu mobil terasa ringan karena dibagi tiga kepala. Dan yang jelas perjalanan jadi terasa lebih nyaman, karena bisa berhenti kapan saja dan di mana saja, termasuk tempat-tempat selfie sebelum masuk kawasan Candi Gedong Songo.


2. Ayanaz

Kawasan Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/juy_indrii)
Kawasan Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/juy_indrii)

Tidak jauh dari pintu masuk Candi Gedong Songo, terhampar pemandangan bernuansa modern, berpadu dengan keindahan alam.

Ayanaz, salah satu tempat kekinian yang dibuka tahun lalu dan mulai banyak masuk di media sosial. Tempatnya memang asyik, terdiri dari beberapa spot selfie unik, di antaranya tempat beristirahat lesehan modern dengan bentuk bulat dari rangkaian besi berlubang besar. Ada juga tempat swafoto berupa kolam kering untuk duduk santai yang dikelilingi air dan berlatar pemandangan serta lembah.

Di beberapa titik terdapat balon udara menjulang di angkasa biru. Di salah satu sisi lembah ada rumah dari balon-balon besar tembus pandang dengan desain interior hangat dan menggoda. Bayangkan, tinggal di rumah balon dengan perabotan modern dan dikepung pemandangan alam yang indah.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak dengan Travelling, dari Baca Peta hingga Bertemu Orang

3. Berkuda

Candi Gedong Songo. (Foto:instagram.com/dayubasmiari)
Candi Gedong Songo. (Foto:instagram.com/dayubasmiari)

Kegiatan asyik yang sayang jika dilewatkan. Sesuai namanya, di dalam kawasan itu ada 9 area candi. Lima bisa dikunjungi bebas, tiga lainnya ada di dalam hutan, sehingga tidak disarankan atau disarankan menggunakan pemandu dari Perhutani.

Mengenal sejarah ternyata bisa sangat menyenangkan, berkeliling dengan kuda, ditemani pemandu agar bisa mendapat penjelasan menarik. Lebih dari itu, udara sejuk dan cuaca cerah dilatari langit biru dan guratan awan putih sungguh mempesona. Apalagi ketika tiba di area candi. Suasana dan panorama jadi menakjubkan. Bangunan candi yang berasal lebih dari seribu tahun lalu, berdiri megah berlatar langit biru, pepohonan pinus, rerumputan, dan deretan pegunungan.

Sepanjang perjalanan berkuda, penunggang bisa minta berhenti untuk memotret dan berswafoto. Paket perjalanan berkuda dikenai biaya Rp100 ribu. Lama waktunya bisa lebih dari satu jam.

4. Kuliner

Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/subhan.mufarridhun3)
Candi Gedong Songo. (Foto: instagram.com/subhan.mufarridhun3)

Wisata kuliner juta tak mungkin dilewatkan. Apalagi Semarang dikenal dengan variasi kuliner yang menggiurkan. Nasi koyor, nasi gudeg, nasi ayam, pecel sayur, gimbal udang, asem-asem Koh Lim, kepala ikan manyung, nasi kucing, sate kelinci, siap dijelajahi.

Untuk dalam kota, bisa menggunakan transportasi online. Murah dan cepat. Yang membuat lama justru perdebatan tentang kuliner mana yang akan dikunjungi. Maklum begitu banyak pilihan yang tak mungkin semuanya bisa dijelajahi hanya dalam waktu dua hari. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Fakta-Fakta 'Salju' di Dataran Tinggi Dieng, Daya Tarik Wisatawan di Juni


indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-3

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


indonesiaku-singlepost-banner-4
indonesiaku-singlepost-banner-5
indonesiaku-singlepost-banner-6