Tampil di Festival Sastra, JKT48 Disebut Suka Baca Buku? JKT48 (Foto: MP/Venansius Fortunatus)

GRUP idola JKT48 akan tampil dalam penutupan perhelatan Festival Sastra ASEAN (ALF) 2017 pada Minggu (6/8) dan diharapkan dapat menggaet anak muda agar tertarik membaca dan menyukai sastra.

"Nanti penutupan ada JKT48. Sekarang bukan saatnya sastra dan buku hanya dikonsumsi segelintir orang saja," kata Penggagas ALF Okky Madasari di Jakarta, Rabu (2/8).

Selama ini, ucap Okky, sastra dan buku dipandang sebagai sesuatu yang sulit sehingga hanya bisa dinikmati orang-orang tertentu saja.

Untuk itu, dalam rangkaian acara itu pihaknya ingin mengajak anak-anak muda mencintai buku dan sastra, apalagi selama di sekolah anak terpapar literasi secara terbatas.

"Para anggota JKT48 ini pembaca buku dan tidak banyak yang tahu," kata dia.

Untuk peserta yang masih duduk di bangku sekolah, ALF 2017 juga menggelar Jambore Nasional Sastra berisi pelatihan dan workshop merangkai puisi serta menulis lagi di Museum Keramik, Kota Tua.

Festival itu, kata Okky, bertujuan tidak hanya menitikberatkan sisi intelektual pada mahasiswa, tetapi juga memperkenalkan buku pada anak usia dini.

"Dalam Jambore Nasional Sastra ada 500 siswa SD, SMP, dan SMA yang ikut setiap harinya," katanya.

Festival makanan ASEAN juga akan memeriahkan rangkaian acara itu. Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan ASEAN kepada masyarakat melalui kuliner dan memberikan pemahaman tentang kekayaan kuliner Indonesia. (*)

Sumber: ANTARA

Simak pula artikel lainnya seputar JKT48 di sini: Fendy Chow Nikahi Stella Eks JKT48, Intip Keseruannya.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH