Tampil Cantik Enggak Harus Selalu Andalkan Makeup! Cantik Tanpa Make Up (Sumber: Instagram/@mirandakerr)

SETIAP perempuan tentu ingin terlihat cantik. Salah satu andalan agar tetap tampak mempesona dengan berdandan atau makeup maksimal. Mereka rela berjam-jam di depan cermin untuk mengaplikasikan makeup.

Namun, mengaplikasikan make up terlalu sering ternyata beresiko tinggi untuk kesehatan kulit. Bahkan, bagi ibu hamil dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis makeup karena berpotensi membahayakan janin. Lantas, tanpa makeup apakah masih bisa tampil cantik?

Jawaban lengkapnya bisa banget kamu simak pada ulasan berikut ini;

1. Memilih Makanan Yang Tepat

Makanan Bergizi
Mengonsumsi Makanan Bergizi (Sumber: Cooking Light)

"kamu adalah apa yang kamu makan" merupakan frasa sangat akurat untuk menggambarkan efek dari makanan terhadap tubuh, baik kesehatan maupun kecantikan.

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan kulit cerah alami nan sehat. Pastikan untuk selalu menambahkan buah dan sayuran untuk asupan harian.

Makanan kaya akan asam lemak Omega-3 dan protein juga bisa membuat kulit menjadi bersinar.

Beberapa makanan kaya asam lemak Omega-3, misalnya kenari, jeruk, ubi jalar dan labu, dan berprotein seperti telur, ayam, kacang merah, atau buncis bisa jadi pilihanmu menjalani hari.

2. Minum Air Putih

Minum Air Putih
Minum Air Putih (Sumber: Canada Journal)

Air putih merupakan hal esensial bagi manusia. Tubuh manusia memerlukan air setiap untuk menunjang metabolisme. Enggak heran bila air menjadi konsumsi rutin karena seluruh sistem dan fungsi tubuh kita bergantung pada air.

Mengkonsumsi air minimal delapan gelas sehari membantu tubuh mengeluarkan racun dari tubuh. Efeknya, kulit akan terlihat lebih muda dan bersinar. Makanya, jangan lupa minum air secukupnya dan bawalah botol air ramah lingkungan ke manapun kamu pergi.

3. Berolahraga

Lari
Berolahraga (Sumber: Pinterest /Jacob Lund)

Olahraga sangat penting untuk kesehatan fisik ataupun mental. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga menyenangkan, misalnya lari, gym, yoga, atau berenang. Mengapa?

Secara ilmiah, olahraga terbukti bermanfaat bagi kulit dan meningkatkan mood. Olahraga juga dapat membantu tubuh menyingkirkan racun dan meningkatkan jumlah oksigen yang diserap kulit. Selain itu, mendorong produksi endorfin yang dapat mengurangi stres dan dapat menenangkan tubuh termasuk kulit. Efeknya, kulit akan terhindar dari kerutan. Lakukan minimal tiga jam perminggu agar penampilanmu semakin kece!

4. Merawat Kesehatan Kulit Secara Konsisten

Skin care routine
Pilih Produk Kecantikan Sesuai (Sumber: Beauty Bay)

Setiap perempuan tergiur dengan produk skin care yang menjanjikan kulit lebih bersinar, lembut, dan kencang.

Mereka rela mengeluarkan kocek dalam untuk membeli produk skin care merek terbaik dengan harapan memiliki kulit yang indah. Hal terpenting ketika membeli produk perawatan kulit adalah membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kulitmu.

Kamu harus tahu jenis kulitmu dan perawatan kulit yang dibutuhkan. Kamu pun juga harus konsisten dengan perawatan yang dipilih untuk melihat peningkatan khasiatnya terhadap kulitmu. Jangan pernah tidur sebelum memastikan kulitmu bersih dengan sempurna setelah memakai produk kecantikan.

5. Aplikasikan Tabir Surya Dengan Rutin

Apply Sunscreen
Aplikasikan Tabir Surya (Sumber : Insider)

Sinar UV A dan UV B dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini. Salah satu cara untuk mencegah paparan sinar UV A dan UV B adalah dengan mengaplikasikan tabir surya secara rutin saat beraktivitas. Dokter kulit merekomendasikan pengaplikasian tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30. Selamat mencoba! (*) Avia



Iftinavia Pradinantia