Fashion

Tampil Apik dengan Gaya Formal Chic ala BLACKPINK

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 30 November 2023
Tampil Apik dengan Gaya Formal Chic ala BLACKPINK
Para anggota BLACKPINK bergaya 'Formal Chic' saat menerima gelar MBE kehormatan dari Raja Charles III. (Foto: Instagram/@blackpinkblinkindo)

BLACKPINK telah menyandang gelar MBE kehormatan dari Raja Charles III. Penghargaan Anggota Orde Kerajaan Inggris atau MBE diberikan langsung oleh sang Raja kepada Jennie, Lisa, Jisoo, dan Roses di Istana Buckingham, Inggris, beberapa waktu yang lalu (22/11).

Saat menerima penghargaan, para anggota BLACKPINK ini bergaya formal chic. Lisa mengenakan gaun dan jubah warna Broken White dari merek Thailand Asava. Gaun dengan model korset di bagian atas dipadu potongan rok simetris tampak bercorak garis vertikal dari jarak jauh. Dia tampil dengan sepatu putih. Rambutnya dikuncir setengah rapi ke belakang dan berponi.

Rose mengenakan setelan Saint Laurent warna abu-abu yang terdiri dari blazer dan celana model palazzo. Dia padankan dengan blus sheer warna hitam berdetail pita panjang. Gaya rambut Rose diikat setengah rapi ke belakang dan beberapa helai rambut tergerai di dekat telinga

Jennie mengenakan busana tweed warna hitam dari Chanel yang terdiri dari gaun A-line dan kardigan berkancing depan. Dia tampil dengan sepatu hitam. Dari segi gaya rambut, Jennie menata rambut belah tengah dan model sanggul.

Jisoo mengenakan busana serba hitam terdiri dari jaket, rok midi A-line, belt dihiasi aksesori kupu-kupu, stocking hingga sepatu hak tinggi. Dia juga terlihat memakai jam tangan Cartier Crash dengan emas kuning 18 karat. Rambutnya ditata belah pinggir.

Baca juga:

Gelar Konser VR Perdana, BLACKPINK Tawarkan Pengalaman Nonton di Barisan Terdepan

Apa itu Formal Chic?

Perlu kalian ketahui, menukil dari laman Urban&co, istilah 'chic' berasal dari bahasa Perancis, yaitu 'chique', yang berarti keterampilan dan penampilan serta terlihat stylish tanpa harus mengenakan busana yang berlebihan.

Gaya dengan tampilan yang sederhana dan praktis ini menggambarkan karakter seseorang dengan gaya yang modis tanpa perlu mengikuti alur tren yang ada.

Jadi, secara umum pemahaman gaya chic ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bebas mengkreasikan dan mengekspresikan fesyen agar terlihat berkelas. Dengan kata lain, gaya berbusana chic adalah tampilan yang tentunya tidak akan terlihat membosankan meski terkesan polos walau minim aksesoris tambahan.

Formal chic sendiri telah menjadi sebuah tren yang populer karena mudah diikuti oleh semua kalangan. Gaya ini walaupun rapi dan kaku, tapi punya beberapa sentuhan aksen yang menghasilkan tampilan apik dan tidak membosankan.

Tidak Lupakan Unsur Penting

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa dalam menerapkan gaya formal chic itu mudah. Hanya dengan memilih pakaian yang ada di dalam lemari secara sembarangan. Padahal sebenarnya, dalam menerapkan gaya berpakaian formal chic ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pada pemilihan warna, umumnya beberapa orang lebih memilih memakai warna-warna yang minimalis dan tidak akan lekang oleh waktu. Seperti warna hitam terlihat formal, tapi dengan beberapa aksen dan cutting, formal chic pun akan tercipta.

Sebuah konsep gaya akan berhasil dengan pemilihan fabric atau kain yang sesuai. Gaya formal chic akan menitikkberatkan pada pemilihan kain sesuai konsep, menyesuaikan cutting, layering, dan hasil akhir.

Baca juga:

Suarakan Isu Perubahan Iklim, BLACKPINK Terima Gelar MBE dari Raja Charles III

Gaya fesyen formal chic ini rapi dan kaku, tapi terdapat beberapa sentuhan aksen yang menghasilkan tampilan apik dan tidak membosankan. (Foto: Instagram/@blackpinkrss)
Gaya fesyen formal chic ini rapi dan kaku, tapi terdapat beberapa sentuhan aksen yang menghasilkan tampilan apik dan tidak membosankan. (Foto: Instagram/@blackpinkrss)

Dalam fesyen formal chic kamu harus hindari pola yang terlalu mencolok atau terlalu banyak. Pilih pola yang sederhana dan terlihat profesional seperti kotak-kotak atau garis-garis tipis.

Kombinasikan tampilan fesyenmu dengan item tambahan yang sesuai. Sebagai contoh, setelan jas dengan celana panjang, dipadukan dengan item fesyen seperti sepatu hak tinggi dan tas bermodel chic dengan aksen yang terlihat lebih mewah.

Kamu juga bisa kenakan dress dengan potongan yang sesuai dengan bentuk tubuh dan panjangnya yang menutupi lutut atau lebih panjang lagi. Tambahkan aksesori simpel seperti anting-anting dan gelang untuk mempercantik tampilan dan terlihat lebih chic.

Intinya, tampilan fesyen formal chic menitik beratkan pada keunikan tampilan, tapi tidak berlebihan. Dengan tampilan fesyen formal chic gayamu pasti akan bersinar dan memberi kesan positif. Selamat mencoba! (dgs)

Baca juga:

3 Hak Istimewa untuk Rosé BLACKPINK lewat Gelar MBE

#Fashion #BLACKPINK
Bagikan
Bagikan