Tambahkan Ini, Bubur Ayam Jadi makin Lezat

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 13 September 2017
Tambahkan Ini, Bubur Ayam Jadi makin Lezat
Bubur ayam. (Foto: resepharian)

BUBUR ayam identik untuk sarapan pagi dan menu makan untuk yang sakit. Makanan satu ini ternyata bisa disantap kapan pun.


Cita rasanya lezat, mengenyangkan, dan ramah di kantong. Bubur ayam jarang disajikan ‘polos’ tanpa topping dan bahan makanan pendamping lainnya. Malah aneka makanan tambahan ini yang menjadikan ciri khas bubur ayam.

Berikut hidangan tambahan yang akan membuat bubur ayam makin lezat.

1. Daging ayam suwir

Bukan bubur ayam dong namanya jika tanpa suwiran tipis daging ayam. Ada beberapa variasi ayam yang bisa Anda temukan. Seperti suwiran dari ayam goreng atau suwiran ayam berbumbu yang tidak terlalu kering.

2. Kacang kedelai goreng

Dalam semangkok bubur, kacang yang digunakan yaitu kacang kedelai goreng. Selain bisa menambah sensasi kriuk dalam bubur, kacang kedelai menambah nilai protein.

3. Tongcai

Tongcai adalah lobak atau sawi putih yang diasinkan dalam bentuk irisan tipis dan kecil. Selain rasa asin, tongcai juga akan memberikan rasa gurih yang nikmat dalam setiap suap bubur ayam.

4. Cakue

Cakue adalah kue gurih dari tepung terigu yang digoreng hingga mengembang. Selain memberikan tekstur dalam bubur ayam, potongan cakue juga akan membuat bubur ayam jadi lebih mengenyangkan.

5. Seledri

Selain aroma yang harum, seledri juga memiliki rasa yang segar. Cocok sekali ditambahkan pada bubur. Warnanya yang hijau cerah bisa membuat tampilan bubur menjadi menarik.

6. Daun bawang

Tak hanya seledri, Anda juga bisa menambahkan irisan daun bawang pada bubur. Rasa daun bawang yang khas akan membuat bubur ayam jadi lebih menggugah selera.

7. Bawang merah goreng

Rasanya kurang komplit makan bubur tanpa bawang goreng. Aroma bawang goreng yang sangat harum serta rasanya yang khas bisa membuat bubur menjadi semakin istimewa.

8. Sate jeroan

Sate jeroan ayam sebagai pendamping bubur biasanya terdiri dari ati, ampela, jantung, dan usus. Jeroan ayam ini sudah diungkep bumbu kuning dan disajikan begitu saja ataupun digoreng.

9. Sate telur puyuh

Bagi yang tidak suka jeroan ayam, Anda bisa memilih sate telur puyuh. Selain bergizi tinggi, telur puyuh juga memiliki rasa yang enak. Telur puyuh biasanya diungkep bumbu kuning, dimasak kecap, atau bacem.

10. Sate kulit goreng

Tekstur kulit garing dan renyah memang lezat sekali dinikmati bersama bubur ayam yang lembut.

11. Kerupuk kanji

Rasanya makan bubur kurang sempurna jika tanpa renyah dan gurihnya kerupuk. Kerupuk yang umum digunakan untuk bubur ayam ialah kerupuk kanji yang kecil dan pas dalam setiap suapan bubur.

12. Emping

Tidak semua penjaja menyediakan kerupuk yang satu ini. Rasa emping yang gurih dan sedikit pahit akan memberikan sensasi unik tersendiri yang nikmat.(*)

Baca juga Ingin Merasa Kenyang Lebih Lama? Coba Makanan Ini

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan