Otomotif

Tambahan Corak Kuning untuk Tim Ferrari di F1 GP Italia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 09 September 2022
Tambahan Corak Kuning untuk Tim Ferrari di F1 GP Italia
Warna spesial Ferrari untuk merayakan ulang tahun ke-75. (Foto: Ferrari)

MOBIL balap tim Ferrari F1-75 akan menampilkan sedikit tambahan corak kuning di berbagai bagian bodi mobil dengan sisipan hitam. Perubahan bakal terlihat pada sayap depan, sekitar Halo, kemudian penutup mesin dan sayap belakang.

Menurut Motorsport, pada sedikit bagian mobil juga akan menampilkan logo dengan "F lunga" yang terkenal dengan warna kuning pada latar belakang hitam. Corak kuning bukan hanya ada di mobil saja, tetapi baju balap Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr. turut mengusung corak serupa.

Mengapa kuning? Boleh jadi tak diketahui banyak orang. Tetapi sebenarnya warna itu selalu menjadi bagian dari DNA pabrikan berbasis di Maranello tersebut selain merah klasik Ferrari.

Awal abad ke-20, Association of Recognised Automobile Clubs menetapkan merah sebagai warna resmi mobil balap Italia. Dan saat Enzo Ferrari mendirikan Scuderia, dia harus mengikuti penggunaan corak itu. Oleh karenanya, kuning adalah warna kedua bagi Ferrari dan sang pendiri segera memilihnya sebagai bagian dari lambang yang dirancang. Hal ini ia lakukan setelah diminta untuk membawa motif Kuda Jingkrak oleh keluarga pahlawan perang Italia yang terkenal, Francesco Baracca.

Baca juga:

Ferrari Bakal Mengganas di Musim Balapan 2022?

Corak kuning ditambahkan ke berbagai bagian mobil. (Foto: Ferrari)

“Cavallino dulu dan tetap hitam. Saya menambahkan latar belakang kuning Canary yang merupakan warna Modena,” tulisnya.

Lambang tersebut memulai debut di Alfa Romeo tim di Spa-Francorchamps 24 Hours pada1932. Warna ini membawa keberuntungan ketika Antonio Brivio dan Eugenio Siena cetak kemenangan.

“Dari awal Scuderia pada tahun 1929 dan kemudian ketika perusahaan mobil didirikan 75 tahun yang lalu, Enzo Ferrari memilih kuning, yang bersama dengan biru adalah salah satu warna lambang Modena, untuk ditampilkan pada lambang perusahaan, Kuda Jingkrak, dengan pita tiga warna di bagian atas,” bunyi pernyataan resmi Ferrari.

“Ini adalah tampilan yang sangat istimewa untuk menandai acara yang sangat spesial, peringatan 100 tahun Sirkuit Monza,” tambahnya.

Sentuhan kuning nantinya turut tersemat di paddock tim, termasuk hospitality motorhome dan dinding garasi Scuderia Ferrari. Penambahan warna spesial ini tentu akan membuat kehadiran Ferrari di seri ke-16 F1 musim 2022 ini kian spesial, dan diharapkan dapat mencetak prestasi yang baik.

Baca juga:

Justin Bieber Dilarang Beli Ferrari, Ini Penyebabnya

Leclerc dan Sainz akan mengenakan baju balap berwarna kuning. (Foto: Ferrari)

Leclerc membubuhkan kemenangan pertama Ferrari di Monza, ketika merebut podium tertinggi GP Italia musim 2019. Namun, akhir pekan ini, skuad bersiap menghadapi tantangan berat dari Red Bull Racing.

Tim yang dikomandoi Christian Horner itu datang sebagai favorit pemenang. RB18 memiliki keunggulan di lintasan lurus, yang diyakini bakal dimanfaatkan secara maksimal untuk menciptakan jarak.

"Kami perlu bereaksi di Monza. Kami akan didukung Tifosi di sana setelah COVID-19, dan memiliki mereka di tribune akan penting bagi kami, karena mereka mendukung kami dan mendorong kami sebagai sebuah tim," tandas Team Principal Ferrari Mattia Binotto usai GP Belanda minggu lalu. (waf)

Baca juga:

SUV Pertama Ferrari akan Debut 13 September

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan