Tambah Pengetahuan Astronomi Anak di Planetarium Jakarta Menambah pengetahuan astronomi di Planetarium Jakarta (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SELAMA musim liburan sekolah ini, kamu juga tetap bisa mengedukasi anak kamu. Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang juga merupakan sarana pendidikan. Salah satunya ialah Planetarium Jakarta.

Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73. Tepatnya di Taman Ismail Marzuki. Menuju ke tempat ini mudah. Jika menggunakan kereta, kamu bisa turun di stasiun Gondangdia. Kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, parkirannya sangat luas.

Ada apa saja di Planetarium Jakarta? Merahputih.com sempat mampir ke sana dan memantau beberapa kegiatan yang bisa bikin liburan kamu semakin seru. Ada tiga hal yang menjadi hiburan andalan planetarium. Yaitu museum astronomi, peneropongan dan wahana pertunjukan bintang.

Ruang pameran di planetarium (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Ruang museum astronomi ini disebut juga sebagai ruang pameran. Di dalam ruang pameran ini ada diorama dan teater kecil untuk menampilkan film Astronomi. Sehingga anak kamu dapat menambah pengetahuan mengenai benda-benda langit.

"Film-film yang diputar di teater kecil ini biasanya tentang sejarah dinoasaurus dan dokumenter-dokumenter Nasa," ujar Eko, salah satu staff Planetarium Jakarta kepada merahputih.com.

Baca juga:

Bunda Ajak Si Kecil Liburan Yuk! Ini Loh Manfaatnya

Pameran di ruangan ini berupa lukisan maupun foto yang didapat menggunakan peralatan astronomi berbasis landas-bumi- dan landas-angkasa. Ditambah lagi ada pula miniatur wahana antariksa hingga koleksi meteorit yang jatuh di tambak watu pada tahun 1975.

Teater kecil di ruang pameran (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Enggak jauh dari pintu masuk ruangan, tepatnya di sebelah kiri ada poster besar yang menjelaskan sejarah Astronomi Indonesia. Kamu bisa memandu anak kamu untuk memahami riwayat bidang astronomi yang ada di Indonesia.

Terpisah dari ruang pameran, ada satu ruangan lagi yang berbentuk lorong. Di sepanjang lorong ini berisi lukisan zodiak seperti Pisces, virgo, cancer, gemini, hingga sagitarius. Di sepanjang lorong ini juga terpampang gambar-gambar galaksi beserta penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

Baca juga:

4 Aktivitas Penuh Manfaat untuk Mengisi Waktu Liburan Si Kecil

Setelah puas mempelajari astronomi di ruang pameran kamu bisa langsung melipir ke wahana pertunjukan bintang yang berada di lantai 2. Dengan kapasitas 380 orang, kamu bisa melihat program tema Astronomi yang mengungkapkan konsep tentang alam semesta.

Lorong yang dipenuhi lukisan zodiak(Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Pertunjukan di teater bintang ini akan mengajak kamu mengenal materi di luar bumi atau ruang angkasa. Durasinya lebih kurang hanya 60 menit. Tapi dalam waktu segitu kamu akan banyak mendapatkan ilmu baru tentang astronomi.

Baca juga:

5 Penginapan yang Sangat Manjakan Anak-anak, dari Tema Pahlawan hingga Ruang Imajinatif

Namun, jika di hari biasa kemungkinannya kamu akan kehabisan tiket wahana pertunjukan bintang. Karena menurut salah satu staff Planetarium yang berwarna Yono, di hari biasa tiket dijual untuk rombongan.

"Kalau mau datang di hari Sabtu dan Minggu, tapi kalau kuota tiket di hari bisa belum terjual semua, baru bisa kita jual ke pengunjung lain," ungkapnya yang saat itu lengkap menggunakan pakaian adat khas Betawi.

Ruang bawah wahana pertunjukan bintan (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Wahana pertunjukan bintang dibagi ke dalam dua jadwal pertunjukan. Pertama pada jam 10 pagi. Artinya kamu harus sudah antri mulai pukul 8 pagi supaya enggak kehabisan tiket.

Kemudian jadwal pertunjukan ke dua dilakukan pada pukul 13.30 Wib. "Pokoknya ramai terus mas di wahana pertunjukan bintang ini. Dari loketnya buka saja pengunjung sudah antri," cerita Yono.

Satu kegiatan lagi yang bisa kamu lakukan di Planetarium, yaitu peneropongan planet yang dibuka umum mulai tanggal 5-6 Juli 2019 ini. Registrasi untuk ikut dalam peneropongan ini gratis dan dibuka mulai pukul 18.30 WIB-20.00 Wib.

Agenda yang paling ditunggu dalam peneropongan ini ialah terjadinya bulan purnama. Yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 16 Juli malam-17 Juli dini hari. Jadi kapan rencana sahabat Merah Putih ke Planetarium nih? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo