Tambah Macet, Sandi Keluhkan Underpass Matraman-Salemba Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno saat meninjau underpass Matraman-Salemba. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI meninjau langsung lokasi underpass Matraman-Salemba, Jakarta pada Selasa (10/4) malam.

Dalam kunjungan itu, Sandiaga menyayangkan uji coba lalu lintas underpass Matraman-Salemba jauh dari ekspetasinya. Sebab underpass itu bukan mengurai kemacetan malah menambah kemacetan.

Pasalnya, dari awal dia berharap dengan adanya underpass Matraman-Salemba dapat mengurai kemacetan hingga 30 persen. Namun faktanya, kemacetan itu justru bertambah hingga 100 persen.

"Berdasarkan model smart city 20-30% kemacetan berkurang tapi kenapa malah macet," kata Sandi di lokasi.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan kemacetan nampak terlihat dari arah Salemba ke arah Proklamasi. Namun arah sebaliknya terbilang lancar.

Underpass Matraman, Jakarta, saat belum diuji coba, Senin (2/4). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Underpass Matraman, Jakarta, saat belum diuji coba, Senin (2/4). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Agar kemacetan berkurang, orang nomor dua di Jakarta ini menginstruksikan Dinas Perhubungan DKI untuk menambah petugas berjaga sejak pukul 06.00 WIB.

"Kita minta Dishub menaruh petugas mulai jam setengah 6 pagi. Sehingga tidak ada kemacetan dan hambatan-hambatan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansah mengaku kemacetan tidak terjadi di semua jalur melainkan hanya arah dari Jalan Pramuka menuju ke Proklamasi.

"Hanya 1 jalan dan sekarang kita berusaha. Tambah jalur dari tambak ke proklamasi dari 2 jadi 3 jalur," kata Andri. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Underpass Matraman Gagal Uji Coba, Sandi: Yang Penting Safety


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH