Tambah Fasilitas Stadion JIS, DPRD DKI: Pemprov Bisa Ambil Lahan Warga Lahan stadion BMW. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memperhatikan fasilitas pendukung Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara seperti jalan akses masuk, dan fasilitas umum lainnya bagi masyarakat.

"Jangan hanya pikirkan stadionnya saja, tapi pikirkan juga akses menuju kesananya, seperti pelebaran jalan. Kalau memang lokasi (lahan) di kanan kiri masih bisa diambil Pemprov, saya minta itu segera diamankan," kata Prasetyo saat peninjauan pembangunan JIS, Jakarta Utara, Senin (29/6)

Baca Juga

Pembangunan Stadion BMW Baru Capai 7,1 Persen

Lahan tersebut, kata Prasetyo, dapat dibuat fasilitas olahraga bagi warga yang dapat digunakan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Selain itu, lahan tersebut dijadikan sarana olahraga seperti jogging track serta ruang ketiga atau taman.

“Jadi benar-benar membuat orang nyaman saat ke Stadion, dan bisa jadi tempat wisata juga. Turun dari transportasi bisa menikmati taman dan menghirup udara segar, inikan membuat orang sehat juga," jelasnya.

View this post on Instagram

Senin, 29 Juni 2020, Kami bersama rekan-rekan Komisi B DPRD DKI Jakarta melakukan Rapat Kerja bersama salah satu BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (@jakpro_dki) yang dilanjutkan dengan Kunjungan Proyek Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang dilaporkan sudah merapungkan pekerjaannya sebesar 23,63% pembangunannya. Stadion Kebanggaan @dkijakarta yang nantinya akan jadi home base @persijajkt berstandart internasional FIFA ini, ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021 nanti. Semoga semua tantangan pembangunan stadion ini bisa dilewati bersama agar segera kita memiliki Stadion berkelas Internasional milik semua warga Jakarta. #repost@mtaufikzoelkifli.pks #stadionjakarta #jakartainternationalstadium #persijajakarta #persija #aktivitasalegpksjakarta #berkhidmatuntukrakyat

A post shared by Jakarta international stadium (@jkt.international.stadium) on

Ditambahkan Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz. Ia meminta Pemda DKI untuk melakukan pembebasan lahan di sekitar stadion JIS.

"Kita berharap tanah penduduk sekitar sini bisa diambil oleh Pemda, bisa dijadikan taman yang luas. Sehingga penonton yang mau kesini bisa lebih leluasa. Bisa juga dibuat untuk parkir,” ungkapnya.

Menurutnya lahan parkir menjadi salah satu pembangunan yang harus diprioritaskan oleh JakPro. Sebab, meskipun telah disediakan beberapa alternatif transportasi umum untuk menuju stadion, dipastikan masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Kita tau sendiri kalau di Jakarta ini tidak mudah juga memaksa golongan menengah untuk menggunakan kendaraan umum, jadi memang harus disiapkan fasilitasnya tidak sampai timbul kemacetan,” jelasnya.

Baca Juga

Kick Off Anies Baswedan di Jakarta International Stadium

Namun Aziz menyarankan agar pengelola parkir nantinya menerapkan sistem online untuk mengetahui ketersediaan lahan, yakni masyarakat yang ingin membawa kendaraan pribadi harus memesan terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi overload.

“Saya kira itu bisa dikerjakan dengan teknologi saat ini, terapkan pesanan online. Jadi sebelum datang ke lokasi harus registrasi dulu. Sehingga orang tidak cari-cari parkir lagi,” ungkapnya. (Asp)

Kredit : asropihs


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH