Taman Satwa Cikembulan Tambah Koleksi Hewan Langka Surili

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 01 Juli 2017
Taman Satwa Cikembulan Tambah Koleksi Hewan Langka Surili
Surili. (ecologyasia.com)

Taman Satwa Cikembulan, Kabupaten Garut memiliki koleksi baru habitat primata asli Jawa Barat, surili (Presbytis comata) dari Kabupaten Ciamis.

"Kita punya penambahan satwa baru surili dari Ciamis, penyerahan dari warga," kata Pengelola Taman Satwa Cikembulan, Wili Ariesta di Garut, Jumat (30/6).

Ia menuturkan, surili berusia dua tahun dalam keadaan sehat itu merupakan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Hewan kecil menyerupai monyet itu, katanya, saat ini sudah dalam penanganan intensif pengelola Taman Satwa Cikembulan.

"Satu ekor surili betina itu usianya dua tahun dan dalam kondisi sehat," katanya.

Ia menambahkan, selain surili ada juga koleksi baru penyerahan dari warga yakni dua ekor ular sanca kembang dari Bandung dan dua ekor sanca bodo dari Cimanuk, Garut.

Keberadaan satwa baru itu menambah koleksi yang dikelola Taman Satwa Cikembulan sekitar lima ratusan ekor dengan beberapa jenis binatang.

"Adanya tambahan satwa baru itu, berarti sekarang ada kurang lebih 500 ekoran," katanya.

Ia menambahkan, dari sekian banyak koleksi satwa itu, pengunjung lebih tertarik pada jenis satwa di antaranya harimau, beruang, buaya, dan orang utan.

Terutama orang utan yang ada di pintu utama masuk Taman Satwa Cikembulan, kata Wili, selalu mendapatkan perhatian utama dari pengunjung sebelum melihat satwa lainnya.

"Orang utan sengaja di depan agar pengunjung gak langsung kaget lihat yang buas, tapi diawali dengan yang menggembirakan, apalagi lima orang utan itu aktif, menarik," katanya.

Sementara itu, Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora memiliki luas lahan sekitar lima hektare dengan berbagai fasilitas menarik dan nyaman bagi pengunjung.

Wisata satwa satu-satunya di Kabupaten Garut bahkan priangan timur itu selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Sumber: ANTARA

#Hewan Langka #Garut
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan