Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika di Jawa Timur Taman Nasional Baluran, Jawa Timur, Indonesia. (pinterest)

MerahPutih Wisata - Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa menakjubkan. Banyak tempat-tempat di Indonesia yang hampir mirip dengan tempat di luar negeri.

Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran, Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia.

Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Taman ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia. Karena Taman Nasional Baluran terdapat padang sabana luas yang penuh dengan satwa liar.

Di sini Anda akan disuguhi pemandangan kawanan rusa yang berlarian menuju genangan air untuk minum, para merak yang melebarkan ekornya, gerombolan kerbau dan gajah, belasan elang yang terbang untuk mencari makan sampai monyet yang bergelantungan di pohon. Pemandangan yang sama persis seperti yang bisa Anda temukan di Afrika.

Selain satwa liar, Anda bisa beraktivitas dialam bebas. Pemandangan mata Anda akan disuguhkan dengan 444 spesies tumbuhan asli yang khas seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), dan mimba (Azadirachta indica).

Ketiga tumbuhan ini adalah spesies tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi sangat kering. Saat tumbuhan lain sudah mulai kering, ketiga spesies ini masih tetap hijau.

Taman Naisonal Baluran juga terdiri dari hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.

Jika Anda berminat untuk berwisata ke Taman Nasional Baluran, musim kunjungan terbaik adalah bulan Maret sampai dengan Agustus setiap tahunnya.

Jalan menuju ke Taman Nasional Baluran ini sangat nyaman karena sudah diaspal dan merupakan jalur lintas provinsi yang menghubungkan Bali, Banyuwangi dengan kota Surabaya sehingga bagi Anda yang berada di kota-kota terdekat dapat mengakses dengan mudah.

 

BACA JUGA:

  1. Menikmati Keindahan Pantai Siung Sambil Panjat Tebing
  2. Keindahan Tiada Tara Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru
  3. Omah Kayu, Destinasi Rumah Pohon Unik di Malang
  4. Keindahan Danau Linow yang Miliki 3 Warna Air Menawan
  5. Keindahan Tiada Tara Pulau Maratua di Kalimantan Timur

 

 



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH