Taman Mirip RPTRA Buatan Anies Baswedan Habiskan Dana Rp27 Miliar Warga saat berolahraga di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Bhinneka di kawasan Petukangan Utara, Jakara Selatan, Senin (05/09). (Foto: MerahPutih/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar untuk membangun satu Taman Maju Bersama (TMB) di Jakarta.

"Satu taman itu Rp 1-2 miliar, kalau keseluruhan 27 M," ujar Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin saat dihubungi, Senin (10/9).

Menurut Djafar, dalam satu taman setidaknya Pemprov DKI membutuhkan lahan seluas 750 meter hingga 1.500 meter.

Tahun berikutnya, lanjut dia, Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman akan menambah 50 TMB hingga target 261 TMB terpenuhi. Taman-taman ini adalah proyek percontohan.

Ilustrasi RPTRA (MP/Dery Ridwansyah)

TMB ini masuk dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2022. Djafar tak menampik konsep TMB milik Gubernur Anies Baswedan mirip RPTRA milik Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, TMB merangkap fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"kalo secara fisik Taman Maju Bersama natural , enggak banyak yang pengerasan. jadi Natural. kalo keadaan fisiknya saat ini adalah perairan maka taman akan dibangun di atas air. ada (bangunan) tapi enggak dibangun dengan konkret pengerasan . tetap ada aula tapi dalam bentuk bambu, panggung dr bambu," tutupnya

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut perbedaan antara Taman Maju Bersama (TMB) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) terletak pada partisipasi masyarakat dalam mengelola ruang publik.

Konsep TMB ini masyarakat terlibat aktif dalam mengelola ruang terbuka yang nantinya juga akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan bermasyarakat. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH