Taman Jomblo Lokasi Nongkrong Favorit Muda-Mudi Bandung Taman Jomblo atau Taman Pasupati, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Instagram/agungghadlanfar)

MerahPutih Wisata - Semenjak dipimpin oleh Ridwan Kamil, pembuatan dan pemugaran taman di Kota Bandung, Jawa Barat, gencar dilakukan. Soal penamaan, Kang Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—juga mengambil nama-nama unik.

Salah satu nama taman unik di Kota Bandung yaitu Taman Jomblo. Taman ini dinamai sendiri oleh Ridwan Kamil ketika melihat tempat-tempat duduk berbentuk kotak di taman itu hanya cukup untuk diduduki satu orang. Nama "Taman Jomblo" itu nama baru karena nama sebenarnya yaitu Taman Pasupati.

Taman Jomblo terletak di bawah Jembatan Pasupati. Taman ini diresmikan Ridwan Kamil pada tanggal 4 Januari 2014. Pasupati adalah salah satu jembatan layang di Kota Bandung. Jembatan Pasupati memiliki panjang 2,8 kilometer. Nama "Pasupati" merupakan kepanjangan dari Jalan Pasteur dan Jalan Surapati yang dihubungkan oleh jembatan ini.

Taman Jomblo berada di bawah Jembatan Pasupati. Taman tempat berekspresi muda-mudi Bandung ini tidak terlalu luas hanya kurang lebih 25 x 25 meter. Di sana dibangun fasilitas untuk kegiatan anak muda. Di sana terdadpat balok dari beton untuk memajang karya seni saat pameran. Selain itu, ada arena papan luncur untuk olahraga skateboard. Taman Jomblo memang merupakan lokasi favorit para pemain skateboart di Bandung.


Taman Jomblo atau Taman Pasupati (Foto: Instagram/agungghadlanfar)

Tidak sulit untuk menemukan Taman Jomblo. Lokasinya tidak jauh dari Gedung Sate. Ketika Anda akan memasuki Jembatan Pasupati, Anda tinggal memilih Jalan Surapati bawah. Anda akan dengan jelas akan melihat tulisan "Taman Pasupati" berwarna merah putih.

Selain tempat nongkrong anak-anak muda, pada tanggal 22 Februari 2014, Taman Jomblo dipilih sebagai tempat untuk event peluncuran buku “Bandung From Spaces to Places” karya Galih Sedayu, pegiat fotografi dan tokoh Forum Komunitas Kreatif Bandung (BCCF). Selain itu, taman ini menjadi lokasi sambil memanfaatkan akses internet gratis dari Pemkot Bandung.

Taman Jomblo memang bukan satu-satunya di Indonesia. Nama "Taman Jomblo" juga digunakan untuk sebuat taman di Kota Jambi. Sama seperti di Bandung, taman tematik ini jadi favorit di kalangan Anak muda. Jika Anda ke Bandung, Taman Jomblo bisa menjadi tempat nongkrong Anda bersama warga Bandung.

BACA JUGA:

  1. Telaga Nilam Kolam Alami bak Taman Bawah Laut
  2. Taman Juanda Tempat Refreshing Favorit Warga Bandung
  3. Mengupas Sejarah Taman Astrid Kebun Raya Bogor
  4. Wisata Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
  5. Antisipasi Lonjakan Wisatawan, Taman Impian Jaya Ancol Kerahkan 1000 Lebih Personel Keamanan


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH