Pendidikan

Taman Baca Persembahan Restoran Cepat Saji Hadir di Tebet

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 22 Desember 2022
Taman Baca Persembahan Restoran Cepat Saji Hadir di Tebet
Sutji Lantyka bersama dengan anggota McD Library. (Foto: McDonald’s Indonesia)

SALAH satu bangunan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan menarik perhatian. Bangunan tersebut terlihat berbeda karena di sekitarnya mayoritas dikelilingi rumah-rumah warga. "Taman Baca Zhaffa", begitu plang yang dipasang pada bagian depan bangunan tersebut. Taman baca ini dipersembahkan oleh salah satu restoran cepat saji ternama yang memiliki logo berwarna kuning dan merah.

Begitu melihat bagian dalam bangunan tersebut, kamu akan langsung disambut dengan interior yang begitu keren. Mayoritas desain ruangan pada tempat ini benar-benar mirip dengan interior seluruh cabang restoran cepat saji tersebut. Bukan sensasi dine in, namun beragam buku untuk meningkatkan literasi anak lah yang ditawarkan tempat ini.

Baca Juga:

McDonald's Hadirkan Gerai 'Hijau' Ramah Lingkungan

Restoran cepat saji ini memang memiliki misi agar anak-anak Indonesia gemar membaca. Program literasi yang mereka gaungkan ini sudah berjalan selama satu tahun. Bukti
nyata yang mereka lakukan ialah merenovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Baca Zhaffa yang berada di bawah naungan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM).

Eksterior Rumah Baca Zhaffa (McD Library) setelah di renovasi. (Foto: McDonald’s Indonesia)

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka mengatakan sarana umum ini akan membantu mengedukasi anak melalui bacaan-bacaan yang sangat
menginspirasi. "McD Library merupakan salah satu wujud nyata komitmen McDonald’s terhadap program literasi anak, yang mana Taman Baca merupakan salah satu sarana
edukatif untuk menumbuhkan minat baca anak," ujar Sutji dalam berita pers yang diterima merahputih.com, Kamis (22/12).

Sebelumnya, Rumah Baca Zhaffa sudah aktif beroperasi sejak tahun 2008 serta memiliki 50 anggota aktif. Namun setelah 14 tahun berlalu, selain buku-buku perlu diperbarui sesuai perkembangan zaman, kondisi bangunan pun sudah perlu direnovasi.

Baca Juga:

Buntut Kerumunan 'BTS Meal', Polisi Panggil Manajemen McDonald's

Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi "Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s". Yudi Hartanto selaku Ketua Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Provinsi DKI Jakarta sekaligus pendiri dari Rumah Baca Zhaffa mengatakan kondisi bangunan Rumah Baca Zhaffa memang membutuhkan banyak perbaikan guna meningkatkan kenyamanan belajar anak-anak.

"Tidak hanya perbaikan rak-rak buku, kerusakan genteng, dinding yang mengelupas, dan penambahan saluran pompa air, namun koleksi buku juga perlu diperbaharui dengan dilakukan penambahan," ujar Yudi.

Interior Rumah Baca Zhaffa (McD Library) setelah direnovasi. (Foto: McDonald’s Indonesia)

Renovasi Taman Baca ini telah berjalan selama dua bulan sejak September 2022 dengan memperbaiki serta memperluas sebagian besar area bangunan, melakukan pengecatan interior dan eksterior dengan dominasi warna yang mencirikan nuansa restoran cepat saji. Lalu di area dinding dilukis mural dengan gambar anak-anak dan buku untuk melambangkan Taman Baca.

Pengerjaan mural secara unik melibatkan anak-anak di sekitar TBM sebagai simbol diresmikannya McD Library. Tidak hanya mengubah tampilan fisik bangunan, restoran cepat saji ini juga memfasilitasi buku bacaan anak yang lebih variatif, menambah alat peraga atau edukasi, serta memperbaiki furnitur yang masih layak pakai.

McD Library juga memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca ini. Program yang akan dilaksanakan ialah “McDonald’s Day”. Kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca ini akan dilaksanakan pada setiap sabtu di minggu ketiga setiap bulan. (ikh)

Baca Juga:

Keren! McDonald’s akan Menyediakan Teknologi Khusus untuk Disabilitas Netra

#Parenting #Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan