Taliban Klaim Bunuh Kepala Intelijen ISIS

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 28 Februari 2023
Taliban Klaim Bunuh Kepala Intelijen ISIS
Anggota Taliban duduk di atas kendaraan militer selama parade militer Taliban di Kabul, Afghanistan, 14 November 2021. (ANTARA/Reuters/Ali Khara/as)

MerahPutih.com - Pasukan Taliban mengklaim membunuh kepala intelijen dan militer ISIS cabang Afghanistan, Qari Fateh pada Senin (27/2) waktu setempat.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan Qari Fateh berencana untuk merencanakan serangan ke kantor kedutaan asing, masjid dan sasaran lain di Kabul.

Baca Juga

Taliban Bikin Mobil Sport dari Barang Bekas

Mujahid juga menyatakan bahwa operasi terbaru oleh pasukan Afghan menewaskan tiga anggota Daesh/ISIS dan menambahkan bahwa operasi itu juga menangkap warga negara asing yang merencanakan serangan mematikan.

Pada Desember tahun lalu, diplomat perwakilan Pakistan untuk Afghanistan, Ubaid Rehman Nizamani selamat dari serangan di kedutaan besar negara itu di Kabul sementara penjaga keamanannya terluka.

Baca Juga

Satu Tahun Pemerintahan Taliban, Indonesia Masih Tidak Mengakui

Pada Januari, Mujahid mengatakan pasukan Taliban menewaskan sedikitnya delapan militan ISIS yang terkait dalam serangan di kedutaan besar Pakistan dan di sebuah hotel tempat warga negara Tiongkok menginap.

Sebelumnya pada September 2022, dua staf kedutaan besar Rusia dan warga sipil tewas dan 10 lainnya terluka dalam serangan bunuh diri di Kabul.

Tahun lalu, teroris Daesh/ISIS menargetkan seminar keagamaan Taliban, masjid, pusat pendidikan dan utusan luar negeri di Kabul dan wilayah lainnya di negara itu. (*)

Baca Juga

Indonesia Tunjukkan Dukungan untuk Pendidikan Perempuan kepada Taliban

#Taliban #ISIS
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan