Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional Prioritaskan Lapangan Kerja untuk Kaum Difabel Menaker Hanif Dhakiri hadiri Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional di JIexpo Kemayoran (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menilai kegiatan Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional penting untuk mempertemukan potensi anak muda untuk saling berkolaborasi. Terutama untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kewirausahawan.

Semua jenis pekerjaan ada disini, dari sektor IT, retail hingga perminyakan sesuai dengan lapangan kerja. Menurut Hanif, forum yang berlangsung selama dua hari, 22-23 Maret ini diikuti lebih dari 200 perusahaan.

"Diikuti juga puluhan star up baru yang selama ini dibina Kemenaker melalui inovation room," kata Hanif di JI EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Hanif yang mengenakan kemeja batik ini menambahkan, ada sekitar 18 ribu lowongan kerja dari 200 perusahaan.

"Di luar itu banyak startup yang menciptakan ruang kolaborasi baik individu maupun dari sesama startup. Ini juga dari sisi kesempatan kerja berpotensi kerja bisa dimanfaatkan," terang dia.

Ilustrasi: Para pencari kerja. (Foto: MerahPutih/Rizki Fitrianto)

Yang unik, kali ini juga bakal diberikan kesempatan khusus bagi kaum difabel yang ingin mendapatkan kerja.

"Ini terbuka semua. Lapangan kerja yang inklusif, bisa terbuka untuk semua. Karena masing-masing pekerjaan punya kepentingan sendiri yang bakal disesuaikan dengan kebutuhannya," ucap Hanif.

Hanif mengklaim, pengangguran dari kalangan SMK sudah menurun. "Namun masih mendominasi. Karena itu kami menggenjot revitalisasi SMK melalui Inpres terus kemudian memperkuat kerjasama dengan dunia industri," jelas dia.

"Ini dikencengin sekarang. Untuk meningkatkan matching dengan lulusan SMK dengan lainnya," terang Hanif. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH