Takut Kantor Jokowi Dikepung Mahasiswa, Polisi Terpaksa Lakukan Ini Penutupan jalan depan Istana Merdeka Jakarta, beberapa waktu lalu.(ANTARA/Laily Rahmawaty)

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya mengaku telah menerima surat pemberitahuan adanya aksi unjuk rasa yang akan kembali dilakukan elemen mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pencabut UU KPK.

Mahasiswa rencana akan menggelar aksi siang ini, Senin 28 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Aksi akan digelar di depan Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat. Adapun, kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat akan jadi titik kumpulnya.

Baca Juga:

Hari Sumpah Pemuda, Ribuan Mahasiswa Kepung Istana Tuntut Janji Jokowi

Aksi ini diketahui juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini. Mahasiswa menuntut Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pencabut UU KPK.

Untuk mengantisipasi demo, Kepolisian terpaksa menutup sejumlah ruas jalan di kawasan Istana Negara. Alhasil, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.

"Dari Polda Metro Jaya sudah siap melakukan pengamanan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/10).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. Foto: ANTARA
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. Foto: ANTARA

Meski begitu, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan rekayasa lalin bersifat situasional. Artinya hal ini melihat kondisi di lapangan.

"Kita lihat jumlah massanya dulu," kata dia.

Baca Juga:

Info Intelijen Masuk, Polisi Kini Tutup Jalan Depan Istana Sampai MK

Bagi para pengendara diharap maklum akan adanya hal ini. Mereka tetap diimbau bisa berkendara dengan memperhatikan rambu lalu lintas yang ada dan mematuhi peraturan. Bagi mereka yang tak mau terjebak kemacetan kiranya bisa mengikuti rekayasa lalin yang dibuat. Berikut rekayasa lalin yang dberlakukan:

1. Penutupan dilakukan dari Medan Merdeka Barat (Bundaran Patung Kuda) sampai dengan Traffic Light Harmoni.

2. Dari arah Medan Merdeka Timur ke Medan Merdeka Utara di arahkan ke Jalan Perwira.

3. Dari Hayam Wuruk ke Jalan Majapahit di belokan ke kiri ke Juanda dan arus lalin dari Veteran Raya yang akan belok ke Jl. Majapahit di belok ke kanan jalan Gajah Mada. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Khawatir Demo di Istana Disusupi Provokator


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH