Takut Istana Digeruduk Massa, Polisi Tutup Jalan Medan Merdeka Timur Penutupan jalan depan Istana Merdeka Jakarta, Senin (14/10/2019).(ANTARA/Laily Rahmawaty)

MerahPutih.com - Tak hanya jalan sekitar komplek DPR/MPR RI Senayan, Kepolisian juga menutup jalur akses jalan ke arah Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat mulai hari ini

"Iya, sekitar jalur Istana Negara dilakukan penutupan," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi, saat dihubungi, Senin (14/10).

Baca Juga:

Meriam Air dan Truk Berisi Brimob Siaga Depan Istana Presiden

Menurut Lilik, penutupan jalan ini guna mengantisipasi jika nantinya ada massa yang memutuskan untuk melakukan aksi unjuk rasa. Dia menjelaskan ada sekitar 315 personel yang melakukan pengamanan terhadap jalur yang dilewati massa.

personel brimob
Tiga kelompok anggota Brimob bergerak keluar dari dalam Monas menuju pintu masuk Monas di depan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Untuk itu, Lilik mengimbau warga yang biasa melewati kawasan Istana Jalan Medan Merdeka Timur untuk mencari jalur alternatif. Polisi, lanjut dia, telah menetapkan sejumlah jalur alternatif sebagai pilihan bagi pengguna jalan.

Berikut pengalihan arus lalu lintas dampak penutupan jalan di sekitar Istana Negara:

  • Kendaraan yang dari Harmoni dialihkan ke Jalan Juanda.
  • Kendaraan yang dari Masjid Istiqal, Jalan Veteran III di luruskan ke arah Harmoni.
  • Kendaraan yang dari Patung Kuda di alihkan ke Jalan Merdeka Selatan

"Dengan adanya penutupan jalan ini, masyarakat diimbau untuk mencari jalan lain agar aktivitasnya tidak terganggu," tutup perwira polisi berpangkat melati satu itu.

Sementara itu, Kapolsek Metro Gambir Kompol Wiraga Dimas Tama mengatakan, penutupan jalanan ini akan berlangsung sampai pukul 18.00.

"Nanti masyarakat yang mau menggelar aksi kami arahkan ke Patung Kuda," kata Wiraga. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Khawatir Demo Ribuan Petani di Istana Disusupi Provokator


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH