Fashion

Takashi Murakami Rilis Koleksi Spesial Dukung Gerakan 'Black Lives Matter'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 11 Juni 2020
Takashi Murakami Rilis Koleksi Spesial Dukung Gerakan 'Black Lives Matter'
Takashi Murakami buat kain edisi Black Lives Matter (Foto: Instagram/@takashipom)

SENIMAN kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami gunakan talentanya untuk mendukung gerakan Black Lives Matter.

Melansir laman Hypebae, Murakami baru saja umumkan akan meluncurkan koleksi kain limited edition warna hitam yang terinpirasi dari isu rasialisme dan gerakan Black Lives Matter.

View this post on Instagram

Takashi Murakami for #BLM I have said that a role of an artist is to discern the present and express it for the future audience. But if my art can effect any change here and now, I want to contribute it not only to give back but to give power to the Black community plagued by the racial injustice. And so I decided to produce a series of prints for sale, to donate the entire proceeds to the U.S. organizations fighting for social justice and racial equality. In order to get directly engaged in the movement that is taking place in America, I asked @NTWRK to be my partner for the project. I will be releasing six black prints featuring my quintessential flower and skull designs, each edition of 300, through @NTWRK. Each print will be silkscreened and I will finish the individual work with spray paint. I am in discussion with NTWRK to arrange for 100% of the sales to go to various organizations dedicated to changing the systems oppressing the Black community, including @blklivesmatter, @eji_org, and @colorofchange. Additional details on the release of the print collection, including pricing and launch date, will be announced in the coming weeks. (The images shown here are the design mockups created digitally.) #blacklivesmatter

A post shared by Takashi Murakami (@takashipom) on

Kain seni tersebut dikerjakan langsung sama pendiri dan presiden Kaikai Kiki Co. Tersedia dalam enam motif yang berbeda. Semuanya dibuat dengan kain polos warna hitam serta dihiasi dengan pola khas bunga dan tengkoraknya Murakami.

Bedanya hanya terletak pada ukuran dan template saja. Edisi Black Lives Matter ini juga punya dua bentuk yang berbeda, yaitu kotak dan juga lingkaran dengan detail di bagian luar yang mengikuti motif.

Untuk produk kotak akan berukuran 70x70 cm untuk border luar dan 60x60 cm untuk bagian dalamnya. Sementara bentuk bulatnya bervariasi.

Ada yang berukuran 60x59,2cm, 59,4x59,3 cm, dan 59,5x59,3 cm. Setiap karyanya ini akan dilapisi dengan sutra dan dibuat dengan cat spray.

Baca juga:

3 Item Terbaik Dari Koleksi UNIQLO UT Billie Eilish x Takashi Murakami

"Saya telah mengatakan bahwa peran seorang seniman adalah untuk membedakan masa kini dan mengekspresikannya untuk audiens masa depan. Tapi jika karya seni saya bisa membawa perubahan saat ini, saya ingin berkontribusi bukan hanya untuk memberi kembali, namun untuk memberi kekuatan kepada komunitas kulit hitam yang terganggu karena ketidakadilan rasial," tulis Murakami dalam caption Instagramnnya.

Takashi Murakami Rilis Koleksi Spesial Dukung Gerakan 'Black Lives Matter'
Ada dua bentuk yang berbeda namun semuanya didesain dengan warna hitam polos (Foto: Instagram/@takashipom)

Produksi cetak itu akan dijual dan seluruh hasilnya akan didonasikan kepada organisasi Amerika yang berjuang untuk menegakkan keadilan sosial dan melawan ketidakadilan rasialisme.

Nantinya hasil penjualan akan dibagi rata ke tiga organisasi, yakni Black Lives Matter, Equal Justice Initiative, dan Color of Change.

Informasi mengenai harga dan waktu perilisan akan diumumkan kembali beberapa minggu mendatang. Akan tetapi kabarnya kamu sudah bisa membelinya mulai Juli 2020 melalui aplikasi NTWRK. (sam)

Baca juga:

Masker, Aksesoris Wajib di London Fashion Week 2020

#Seniman Jepang #Fashion #Rasialisme #Fashion Jepang #Desainer
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan