Tak Usah Risih, Masturbasi Banyak Manfaatnya Dalam kacamata medis, masturbasi banyak manfaatnya. (foto: pixabay/stocksnap)

PERBINCANGAN tentang seks kerap kali dihindari karena dianggap sebagai hal yang tabu. Padahal, ada baiknya hal satu ini dibahas untuk menjadi pengetahuan. Salah satu hal yang enggan diperbincangka ialah tentang masturbasi.

Aktivitas seksual satu itu sering dianggap tidak pantas. Namun, jika ditilik dari kacamata medis, masturbasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lo. Berikut delapan manfaat masturbasi seperti dilansir Go-Dok.


1. Mencegah ejakulasi dini

Ejakulasi dini kerap menjadi momok bagi pria karena bisa menjadi alasan hancurnya hubungan rumah tangga. Demi menghindari hal tersebut terjadi, para ahli menyarankan masturbasi sebagai salah satu bentuk terapi. Dengan masturbasi pria dapat melatih ketahahan ejakulasinya secara bertahap.

2. Meningkatkan kualitas sperma

Ya, dengan bermasturbasi secara rutin, para pria secara tidak langsung telah membuang sel sperma ‘tua’ sekaligus merangsang produksi sel sperma muda.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi terbaru mengungkapkan bahwa masturbasi terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menghindarkan kamu dari risiko terkena penyakit jantung koroner. Alasannya, tidak lain karena masturbasi dapat merangsang produksi beragam hormon yang baik bagi sirkulasi darah dalam tubuh, semisal dopamin, epinefrin, dan endorfin.


4. Menjaga kerja sistem kekebalan tubuh

Ketika melakukan masturbasi, kamu secara tidak langsung telah merangsang produksi kortisol--jenis hormon yang berkaitan dengan kerja sistem imun dalam menghadang infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Mengurangi nyeri perut saat haid

Bagi perempuan, masturbasi mengurangi nyeri haid. (foto: pixabay/stocksnap)

Sebagian perempuan mengeluhkan haid yang disertai dengan sensasi nyeri di bagian rahim. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, segera atasi masalah itu dengan masturbasi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa masturbasi yang dilakukan minimal 7 hari sebelum haid terbukti dapat mengurangi kram dan sakit hingga 60%. Mengejutkan, bukan?

6. Meredakan depresi

Masturbasi meredakan depresi sekaligus mengurangi stres akibat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Faktanya, hal itu berkaitan erat dengan meningkatnya produksi beberapa jenis hormon, seperti endorfin dan oksitoksin, selama dan sesudah melakukan masturbasi.

7. Menurunkan risiko terkena kanker

Jarang yang mengetahui bahwa masturbasi juga berkhasiat untuk menurunkan risiko terkena kanker, yaitu kanker prostat pada pria dan kanker serviks pada perempuan. Mastubasi pada pria terbukti dapat merangsang sekresi bakteri bersamaan dengan keluarnya sperma, sedangkan pada perempuan, masturbasi bermanfaat meningkatkan kelenturan leher rahim sekaligus melindunginya dari risiko terkena infeksi.

8. Meningkatkan kulitas tidur

Masturbasi bikin tidur nyenyak. (foto: pixabay/C_scott)

Manfaat masturbasi yang terakhir ialah untuk meningkatkan kualitas tidur. Tentunya, hal itu merupakan berita baik bagi kamu yang menderita insomnia.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH