Tak Terduga, Hal ini Bisa Menimbulkan Jerawat di Dahi Sering disepelekan, hal-hal ini membuat jerawat muncul di dahi. (foto: pixabay/nicklebabe)

JERAWAT bisa muncul di setiap area wajah. Salah satunya di dahi. Bahkan sebagian orang memiliki jerawat di dahi walaupun mereka sebenarnya tidak jerawatan. Muncul jerawat di dahi merupakan hal yang wajar. Apalagi untuk mereka yang berusia remaja. Soalnya, di usia tersebut, perubahan hormon memengaruhi penampilan fisik.

Faktor yang meningkatkan risiko jerawat di dahi ialah peningkatan produksi minyak atau sebum di area dahi. Peningkatan produksi minyak itu biasanya dipicu perubahan hormon, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Demikian disebutkan laman Alodokter.

BACA JUGA: Tampil Badai saat Party, Sontek Gaya Selebritas Ini

Meskipun demikian, ada penyebab tak terduga tumbuhnya jerawat di dahi. Bisa dibilang, penyebab ini kerap disepelekan banyak orang.

Pertama, jerawat bisa tumbuh di dahi jika kamu sering menyentuh wajah. Terdapat banyak kuman di tangan. Hal itu bisa menimbulkan infeksi pada kulit dan menimbulkan jerawat.

Penggunaan produk kosmetik juga bisa menimbulkan jerawat. Produk kosmetik biasanya mengandung minyak atau bahan kimia tertentu sehingga bisa membuat pori-pori tersumbat. Jika pori-pori sudah tersumbat, tidak mengherankan jika bisa menimbulkan jerawat. Buat kulit dengan kamu sensitif, produk kosmetik bisa menyebabkan iritasi dan peradangan kulit.

pomade
Pomade ataupun minyak rambut bikin dahi berminyak. (foto: pixabay/4565753)

Penyabab paling tak terduga timbulnya jerawat ialah penggunaan pomade. Semua jenis minyak rambut, mau itu pomade tau gel, mengandung minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa bisa bikin kulit kepala dan dahi berminyak. Hal itu membuat dahi semakin rentan jerawatan.

Menghilangkan jerawat di dahi sebenarnya mudah. Kamu bisa menggunakan bahan alami dan obat oles. Untuk bahan alami, kamu bisa menggunakan kayu manis dan madu. Kedua bahan itu memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang mampu mengatasi peradangan jerawat.

madu
Kayu manis dan madu bisa jadi obat alami menghilangkan jerawat. (foto: pexels/pixabay)

Sementara itu, untuk obat oles, ada beberapa yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Contohnya seperti asam salislat, benzoil peroksida, golongan antibiotik, dan retinoid topikal. Namun, meskipun efektif, biasanya obat oles malah bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasi jerawat. Biasanya dokter juga akan memberikan kamu obat minum. Selain itu, kamu juga akan disarankan untuk melakukan perawatan wajah.(ikh)

BACA JUGA: Pria Berwajah Lebar Lebih Berpeluang Selingkuh, ini Alasannya

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH