Tak Suka Sayur? Tetap Jaga Pola Makan Sehat dengan Cara Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 15 Oktober 2017
Tak Suka Sayur? Tetap Jaga Pola Makan Sehat dengan Cara Ini
Ilustrasi. (Foto:pixabay)

POLA makan sehat selalu menempatkan sayur sebagai bahan makanan penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak suka sayur?

Pada dasarnya, masih ada kemungkinan untuk menjalani pola makan sehat meskipun Anda tak suka sayur. Anda bisa melakukan diet tanpa sayur disertai olahraga rutin harian.

Berikut beberapa cara diet tanpa sayur yang bisa Anda ikuti.


1. Penuhi asupan protein dan serat dari bahan makanan lain

Sayur dibutuhkan sebagai sumber serat harian bagi tubuh Anda. Namun, jika tidak makan sayur, Anda bisa memperoleh serat dari bahan-bahan makanan lainnya seperti kacang atau biji-bijian.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang biasanya terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli atau bayam, Anda bisa menggantinya dengan makanan seperti tempe, tahu, ataupun kentang. Penuhi juga asupan protein hewani Anda dengan makan telur, daging ayam, daging ikan, dan boga bahari lainnya.


2. Cari bahan makanan rendah lemak

Memang kebanyakan sayuran tidak mengandung lemak dalam jumlah tinggi. Meski begitu, Anda juga tetap harus memerhatikan asupan rendah lemak pada proses melakukan diet tanpa sayur ini.

Anda bisa menggunakan bahan makanan rendah lemak seperti minyak kelapa ataupun minyak zaitun. Keduanya merupakan jenis minyak yang mengandung kandungan lemak jenuh yang sedikit.

Dengan mengonsumsi asupan rendah lemak, Anda juga bisa mencegah kenaikan kolesterol tubuh sambil mengurangi porsi lemak berlebih pada tubuh.


3. Konsumsi buah

Sebagai pengganti asupan sayur, Anda masih bisa mengonsumsi buah-buahan. Banyak buah yang mengandung gizi hampir sama setara dengan gizi sayuran. Meskipun tidak terlalu banyak jenis buah yang bisa Anda gunakan bersama dengan masakan, biasanya buah-buahan seperti nanas, mangga, lemon, bahkan alpukat bisa menjadi bahan dasar saus atau sekadar sebagai pelengkap asupan diet tanpa sayur Anda.


4. Buat smoothies dengan campuran buah

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayur dan buah ialah dengan mengubah bentuknya menjadi smoothies atau jus. Anda bisa mencoba mencampur sayur dan buah favorit Anda. Cobalah membuat jus buah terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan sayur-sayuran. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula yang berlebihan.


5. Konsumsi vitamin dan suplemen

Sayuran diperlukan tubuh karena mengandung banyak manfaat dari gizi, vitamin, dan mineral. Bagi Anda yang tidak suka sayur, Anda masih bisa mendapatkan sejumlah vitamin sayuran tersebut lewat vitamin serta suplemen tertentu. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai suplemen dan vitamin yang akan dikonsumsi.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan