Tak Selamanya Benar, Orang Pintar juga Punya Kesalahan Orang pintar juga melakukan kesalahan (Foto: Pexels/Lukas)

MENJADI orang pintar dan cerdas memang sebuah karunia yang tidak dimiliki oleh semua orang. Meskipun begitu,orang pintar tetap melakukan kesalahan lho. Malahan, mereka yang terpintar dan paling sukses pasti telah membuat kesalahan yang lebih banyak dan belajar dari kesalahannya.

Seperti yang dikatakan Albert Einstein, "anyone who has never made a mistake has never tried anything new." Ini artinya kesalahan merupakan hal biasa. Jika tidak pernah berbuat kesalahan tandanya seseorang tersebut tidak pernah melakukan apa-apa.

Baca juga:

5 Sifat Ini Pertanda Bahwa Kamu Lebih Pintar Dibanding Orang Lain

Nah kesalahan orang pintar apa sih? Berikut tiga kesalahan fatal mereka:

1. Uang adalah segalanya

Orang pintar terlalu money oriented (Foto: Pexels/Pixabay)

Saking kerasnya bekerja, terkadang orang pintar terlalu money oriented sehingga mottonya bukan lagi "cari uang untuk hidup", melainkan menjadi "hidup untuk cari uang." Karena terlalu terpaku dalam mengejar uang, biasanya akan ada aspek yang diabaikan seperti kebahagiaan, kesehatan, dan keluarga.

2. Begadang

Karena terlalu semangat mengerjakan sesuatu, orang pintar sering bekerja sampai larut malam (Foto: Pexels/Joseph Redfield)

Karena terlalu semangat mengerjakan sesuatu, orang pintar sering bekerja sampai larut malam, bahkan sampai pagi. Pola tidur yang berantakan mereka selalu capek dan tidak berenergi di keesokan harinya. Hasilnya, kamu mereka bisa mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Baca juga:

Mengapa Orang Pintar Mengalami Kesulitan dalam Urusan Percintaan?

3. Terlalu percaya diri

Orang pintar terlalu percaya diri (Foto: Pexels/bruce mars)

Salah satu kesalahan yang paling fatal dari orang pintar adalah memiliki kepercayaan diri yang terlalu tinggi. Percaya diri memang baik. Namun, kepercayaan diri terlalu tinggi bisa berdampak buruk. Dilansir dari Wiley Online Library, terdapat tiga cara bagaimana kepercayaan diri berlebih terjadi, antara lain overestimation, overplacement, dan overprecision.

Overestimation adalah pemikiran yang menunjukkan kamu merasa lebih baik daripada dirimu sendiri. Kamu merasakan kesuksesan kecil, dan kamu merasa kualifikasi dirimu sangatlah tinggi dan kamu merasa paling eksklusif.

Overplacement merupakan kepercayaan bahwa kamu lebih baik daripada orang lain. Pemikiran ini berpotensi membuatmu merendahkan orang lain dan merasa paling benar.

Overprecision adalah keyakinan berlebihan yang mengatakan bahwa kamu paling benar dan paling tahu. Sikap sok tahu ini akan mematikanmu sendiri jika kamu bertemu orang yang lebih tahu daripada kamu.

Nah, kira-kira sahabat Merah Putih pernah melakukan kesalahan apa nih? (shn)

Baca juga:

Orang Cerdas Cenderung Keren, Penelitian: IQ Tinggi Bikin Awet Muda


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH