Tak Selalu Pahlawan Super, Berikut Karakter Perempuan Kuat dalam Film Hollywood Rachel Chu, Tonya, dan Alice (Sumber: The Atlantic/Esquire/Study Breaks Internet)

KETIKA membahas perempuan dengan karakter kuat, sebagian orang mungkin langsung membayangkan karakter superhero seperti Wonder Woman atau Captain Marvel. Padahal, karakter super tak selalu berkaitan dengan kekuatan super loh. Beberapa tokoh perempuan biasa juga bisa memiliki karakter kuat dan menonjol. Berikut tokoh perempuan dengan karakter paling kuat dalam film Hollywood:

1. Juno - Juno (2007)

Juno
Juno (Sumber: Filmgarb)

Menceritakan tentang seorang gadis remaja yang hamil di luar nikah dengan teman sebayanya. Emosi yang tidak stabil sebagai ibu hamil dan gadis remaja menimbulkan dinamika yang seru.

Kebingungan seorang remaja yang sedang hamil mampu diperlihatkan Juno (Ellen Page) dengan sangat apik. Karakter naif dan rebel membuat karakter Juno dalam film ini terasa semakin kuat.

2. Alice - Still Alice (2014)

Alice
Still Alice (Sumber: Study Breaks Magazine)

Still Alice mengisahkan tentang profesor linguistik ternama dari Columbia University, Dr Alice Howland. Di tengah karirnya yang gemilang, Alice harus menerima fakta bahwa ia didiagnosa Alzheimer.

Penyakit tersebut membuat kemampuan bahasanya menurun. Kehilangan hal paling berharga dalam hidupnya merupakan hal terberat bagi Alice.

Berperan sebagai Alice, Julianne Moore mengajak penonton merasakan emosi yang dirasakan oleh Alice. Berkat film tersebut, Julianne Moore juga diganjar penghargaan Oscar sebagai Best Lead Actress.

3. Ma - Room (2015)

Room
Room (Sumber: Bustle)

Dikurung bertahun-tahun dalam ruangan sempit merupakan hal yang tidak menyenangkan. Apalagi ditambah harus membesarkan anaknya di sana. Itulah potret beratnya kehidupan yang dialami tokoh Ma dalam film Room.

Begitu bebas, hidup Ma tak langsung serta merta menyenangkan. Tantangan yang harus ia hadapi berikutnya yakni mengenalkan anaknya pada dunia luar.

Ia juga masih harus berhadapan dengan trauma yang ia alami setelah dikurung selama tujuh tahun dan menjelaskan tentang ayah yang tak pernah dikenal anaknya. Film tersebut membuat Brie Larson sebagai Ma meraih Oscar pertamanya dalam kategori Best Lead Actress.

4. Tonya - I, Tonya (2017)

Tonya
I, Tonya (Sumber: Rolling Stone)

Sesuai judulnya, film ini mengisahkan tentang Tonya Harding, atlet ice skating terbaik Amerika di era 70-an. Kekerasan yang didapat Tonya dari ibu dan pasangannya menjadi cambuk baginya. Semakin kasar perlakuan yang ia dapat, semakin memukau pula penampilannya saat meluncur di atas es.

Sifat temperamental sang ibu yang dilihat Tonya dari kecil rupaya menumbuhkan sikap keras dan kasar dalam diri Tonya. Berperan sebagai Tonya, membuat image seksi dan menggoda Margot Robbie hilang. Karakter ibu yang kasar membuat Allison Janney (Ibu Tonya) mendapat Oscar kategori Best Supporting Actress.

5. Rachel Wu - Crazy Rich Asian (2018)

Crazy Rich Asia
Crazy Rich Asian (Sumber: The Atlantic)

Bagi sebagian besar keluarga Asia, mencari pasangan yang sepadan merupakan prinsip yang harus dipegang teguh. Jika tidak, bersiap-siaplah harus menghadapi tekanan mental yang sangat berat. Itulah yang dialami oleh Rachel Chu yang diperankan oleh Constance Wu.

Kehidupan perempuan sederhana yang tenang itu berubah setelah mengetahui bahwa kekasihnya, Nick Young (Henry Goulding) berasal dari keluarga super kaya. Selain adanya pergesekan karena ketimpangan sosial, Rachel yang besar di Amerika harus bersinggungan dengan keluarga Nick yang sangat Asia.

Karakter Rachel yang tangguh, periang, lugas, dan ceplas ceplos berubah drastis dalam hitungan hari setelah bertemu dengan keluarga Nick. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH