Tak Risau Jakarta Kebanjiran Pendatang Baru, Anies: Pertumbuhan Ekonomi Kita Baik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut mayoritas anak buahnya masuk semua pasca libur panjang lebaran. Bahkan, mencapai 99 persen.

"Jadi jumlah PNS kita ada 66.087 orang dan tadi yang hadir tepat waktu 99,73 persen, ada hanya 185 orang atau 0,27 persen. 99,73 persen dari pegawai DKI tertib masuk kerja sesuai dengan jadwalnya, tentu bagi mereka yang tidak akan ada sanksinya, tapi sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

Anies melanjutkan, pihaknya juga mengapresiasi bahwa selama libur lebaran, pelayanan publik tetap berjalan baik.

BACA JUGA: MenPANRB Pantau Kehadiran ASN di Hari Pertama Kerja

"Dalam kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang selama musim liburan kemarin tetap bekerja, khususnya di bidang kesehatan, kebersihan, keamanan, kebakaran, dan semua bidang lain yang semuanya tidak mengikuti libur atau cuti bersama seperti yang lainnya karena. Mereka bertugas, apresiasi kepada mereka semua," imbuh Anies.

Terkait dengan adanya potensi penambahan pendatang baru, Anies mengaku masih melakukan monitoring.

"Nanti kita lihat saja, jakarta sudah setiap tahun mengalami lebaran tiap tahun mudik tiap tahun arus balik. Kalau catatan sampai dengan tadi malam baru sekitar 50 persen catatan kendaraan pribadi yang sudah kembali ke Jakarta, itu catatan di dishub per tadi malam;" jelas Anies.

Nantinya, bagi pendatang baru, mereka wajib melapor ke RT / RW setempat.

"Biasa, kan kalau warga datang harus melapor pada RT RW kemudian kalau tinggal lebih dari 24 jam harus lapor. Prosesnya harus seperti itu saja. Jadi bukan operasi di terminal terminal, operasi di stasiun, bukan seperti itu tapi sifatnya melayani bagi mereka yang membutuhkan pelayanan kependudukan," terang Anies.

Untuk mengantisipasi hal itu, menurut Anies yang penting adalah lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan ekonomi maka bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

Ilustrasi warga pendatang. Foto: Net

BACA JUGA: Begini Cara Pendaftaran Uji Coba Publik LRT Jakarta

"Dengan mendapatkan pekerjaan yang baik maka otomatis tempat tinggalnya pun akan menjadi lebih baik. Jadi dorongan kita adalah pada pertumbuhan ekonomi," jelas Anies.

"Dan Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi di Jakarta itu di atas rata rata nasional dan kita akan terus mendorong dengan kemudahan izin berusaha. Kemudian juga kita fasilitasi untuk berbagai macam kebutuhan untuk investasi. Jadi harapannya nanti tenaga kerja yang tersedia bisa lebih banyak," tutup Anies. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH