hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Tak Punya Ide Saat Liburan? Decluttering Aja! Lakukan decluttering (Sumber: Pixabay/shadowfirearts)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

Bagi kamu yang tak punya agenda ke luar rumah saat liburan, tak ada salahnya kalau merapihkan barang-barangmu. Kamu bisa memisah-misahkan barang terpakai dengan yang sudah tak digunakan lagi atau lebih dikenal dengan decluttering.

Menurut Saltandlavender.com barang-barang tersebut harus dipisahkan ke dalam beberapa kategori seperti recycle, donasi dan disimpan kembali. Tetapi apabila ada beberapa barang yang kondisinya masih bagus dan tidak terpakai bisa dijual dengan harga miring.

Kegiatan decluttering sendiri sering dianggap sebagai seni mengikhlaskan demi hidup minimalis. Tapi bagaimana caranya memulai kegiatan ini tanpa pusing memikirkan banyak barang dan terburu-buru? Yuk bikin listnya!

1. Decluttering Lemari Pakaian

Memisahkan barang di almari (Sumber: Pixabay/moritz320)
Memisahkan barang di lemari (Sumber: Pixabay/moritz320)

Mulailah dari isi lemarimu, karena setiap hari kita mengenakan pakaian. Daripada hanya membuat lemari sesak, kurangi pakaianmu dengan memisahkan mana pakaian terpakai dan sudah rusak atau kusam. Kamu bisa pergunakan pakaian itu sebagai lap. Khusus pakaian yang masih bagus tapi tak ingin dipakai bisa disumbangkan.

2. Decluttering Perlengkapan Rumah Tangga

Kamu bisa melakukan decluttering di dapur (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)
Kamu bisa melakukan decluttering di dapur (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)

Barang-barang seperti wajan, panci, peralatan makan dan peralatan kamar mandi seringkali menumpuk dan tidak terpakai. Bahkan di dalam satu rumah pasti ada banyak wajan dengan 1 ukuran. Perlengkapan rumah tangga yang masih bagus bisa lho dijual lewat online shop. Kalau barang masih bagus kamu bisa menjualnya dengan harga tak jauh beda saat membelinya.

3. Decluttering Buku

Tak ada salahnya berbagi ilmu (Sumber: Pixabay/LubosHouska)
Tak ada salahnya berbagi ilmu (Sumber: Pixabay/LubosHouska)

Bagi sebagian orang buku merupakan barang penting dalam hidupnya. Menambah banyak bacaan sama saja dengan menambah ilmu. Tetapi tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu yang kita serap tersebut kepada orang lain. Buku yang paling bisa disumbangkan adalah buku pelajaran sekolah atau buku ensiklopedia.

4. Decluttering Kosmetik

Pisahkan kosmetik yang tak terpakai (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Pisahkan kosmetik yang tak terpakai (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Bukan rahasia umum lagi kalau perempuan sangat hobi mempercantik diri. Beberapa dari kamu mungkin memiliki kosmetik yang tidak terpakai atau bahkan sudah lewat tanggal kadaluarsa tetapi masih disimpan. Kegiatan decluttering ini harus sering diterapkan karena bisa membahayakan kulit kalau sudah lewat tanggal kadaluarsa dan tidak sengaja terpakai.

Wah ternyata kegiatan decluttering sangat positif ya? Selain bisa menanamkan pola hidup minimalis, kita bisa menyumbangkan barang-barang yang masih bagus kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Selamat mencoba. (mar)

Kredit : yani

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5