Ibu Hamil Tidak Perlu Takut Puasa Ibu hamil tetap bisa berpuasa. (Foto: Pixabay/StockSnap)

RAMADAN sejatinya tidak menghalangi ibu hamil berpuasa. Asalkan sehat, ibu hamil dapat berpuasa. Tidak perlu khawatir akan kekurangan asupan gizi untuk janin.

Belum yakin? Simak deh tips puasa bagi ibu hamil dari Istyle berikut ini.

1. Konsumsi makanan bergizi

Protein, salah satu asupan bergizi bagi wanita hamil. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jangan pernah lewatkan makanan bergizi saat sahur. Makanan bergizi wajib dikonsumsi ibu hamil agar bayi mendapat asupan gizi cukup. Sayur-sayuran, buah-buahan dan protein merupakan asupan yang diperlukan ibu hamil. Ditambah dengan konsumsi karbohidrat kompleks agar mendapatkan energi cukup untuk beraktivitas seharian. Jangan cuma sewaktu sahur saja ya, saat berbuka juga. Tapi harus perlahan saat berbuka agar perut tidak kaget.

2. Hindari makanan pedas saat sahur

Makanan pedas bisa menyebabkan mulas. (Foto: Pixabay/Meditations)

Saat hamil memang harus mengonsumsi banyak makanan. Agar selama berpuasa energi tetap terjaga hingga waktu berbuka. Meskipun sangat nafsu menyantap makanan, jangan lupa untuk tidak menyantap makanan pedas. jika wanita hamil tetap memaksakan diri makan makanan pedas saat sahur, akibatnya perut menjadi mulas dan kontraksi bisa terjadi. Karenanya tetap pilih asupan saat sahur dan hindari makanan pedas. Ingat ya, jauhi makanan pedas!

3. Konsumsi vitamin dan suplemen

Suplemen dan vitamin dapat dijadikan tambahan asupan nutrisi. (Foto: Pixabay/monicore)

Tidak cukup dengan mengonsumsi makanan bergizi bagi wanita hamil yang berpuasa. Perlu ditambah dengan asupan vitamin dan suplemen. Sehingga nutrisi dan kandungan vitamin tidak hanya didapat oleh si ibu. Vitamin dan suplemen ini sangat dibutuhkan bagi sang jabang bayi. Konsumsi vitamin dan suplemen saat sahur dan berbuka. Selain suplemen dan vitamin, jangan lupa minum susu saat sahur dan berbuka.

4. Perbanyak serat

Serat dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan. (Foto: Pixabay/silviarita)

Kandungan serat sangat dibutuhkan bagi siapapun demi kelancaran sistem pencernaan. Begitu pula bagi wanita hamil, serat tentunya salah satu kandungan yang perlu dikonsumsi. Serat dapat didapatkan dari aneka macam buah-buahan dan juga sayuran. Dengan demikian wanita hamil tidak akan mengalami konstipasi saat berpuasa. Jadi intinya pola makan 4 sehat 5 sempurna tidak boleh ditinggalkan oleh ibu hamil.

5. Konsumsi madu

Madu membuat metabolisme tubuh seimbang. (Foto: Pixabay/Stevepb)

Madu memiliki banyak kandungan yang sangat bagus untuk tubuh. Dengan mengonsumsi madu secara rutin selama bulan puasa, metabolisme tubuh bisa menjadi seimbang. Tubuh pun dapat terhindar dari dehidrasi saat berpusa dengan adanya metabolisme yang seimbang. Tapi jangan lupa juga ya bagi ibu hamil agar mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap bugar menjalani aktivitas selama berpuasa.

Itulah tips yang bisa dilakukan bagi perempuan hamil jika ingin berpuasa. Wanita hamil tetap bisa mengandung dan tidak perlu khawatir kandungan akan kekurangan gizi. Ibu hamil bisa tetap bugar saat berpuasa. (ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Buah Kurma Bisa Cegah Kamu Menderita Insomnia

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH